Malang Cerdas

Hisyam Terima Penghargaan Tertinggi Lomba ANCQ 2015

Feb 04, 2016 08:45
SUKA KIMIA: Hisyam (menunjukkan sertifikat) ketika foto bersama Kepala Sekolah SMAN 8 Kota Malang Dr H. Moh. Sulthon M.Pd
SUKA KIMIA: Hisyam (menunjukkan sertifikat) ketika foto bersama Kepala Sekolah SMAN 8 Kota Malang Dr H. Moh. Sulthon M.Pd

MALANGTIMES – Catatan prestasi yang diraih siswa SMAN 8 Kota Malang terus bertambah. Awal tahun 2016 ini, siswa SMAN 8 Kota Malang bernama Muhammad Hisyam ditetapkan sebagai peraih penghargaan tertinggi dalam lomba Australian National Chemistry Quiz (ANCQ).

Atas prestasinya itu, siswa  kelas XII IPA 4 ini mendapatkan predikat Excellence High Distinction untuk senior (kelas XI/Year 11).

Baca Juga : Nama Unikama Kembali Harum, Dua Mahasiswa Juara 1 Lomba Video Edukasi Nasional

Peraih kategori Excellence High Distinction untuk senior (kelas XI/Year 11) ini, hanya dua orang se-Indonesia. Hisyam salah satunya. 

Pengumuman sekaligus penyerahan sertifikat bertempat di aula SMA Negeri 1 Kepanjen Kabupaten Malang, 30 Januari lalu.

Lomba ANCQ telah digelar sebelumnya, yakni pada 23 Juli 2015 lalu di SMA Negeri 3 Kota Malang.  Lomba mengerjakan soal kimia berstandar internasional ini diselenggarakan oleh Royal Australian Chemical Institute (RACI).

Untuk informasi, RACI menyelenggarakan ANCQ secara serempak pada 23 Juli 2015 di 26 negara.  Peserta lomba diminta untuk mengerjakan 30 soal kimia berstandar internasional yang bertipe multiple choice. 

Di Indonesia jumlah pesertanya mencapai 5200 orang yang berasal dari 40 sekolah se-Indonesia. Jumlah itu terbagi dua kategori, yakni junior 2600 siswa dan senior 2600 siswa.

Baca Juga : 126 Peserta Unjuk Kebolehan di Festival Anak Sholeh Kota Batu

Siswa berkacamata minus ini sejak dari kelas X sudah menunjukkan bakat dan kemauan yang tinggi dalam menekuni mata pelajaran kimia. 

Hisyam, sapaan karibnya, lalu bergabung dengan kelompok olimpiade sains bidang kimia di bawah bimbingan ibu Iswaning Rahayu, M.Pd dkk.

Selain Hisyam ada delapan siswa lain yang mengikuti ANCQ 2015.  Namun skor yang mereka raih masih di bawah Hisyam. (*)

Topik
Malang CerdasSMAN 8
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru