MCF Targetkan Malang Jadi Kota Kreatif Dunia

Feb 03, 2016 22:42
Walikota Malang H.Moch.Anton (dua dari kiri) bersama inisiator MCF, Vicky Arief (kiri), Sekjen ICCCN, Liliek Setiawan dan pelaku industri kreatif di Kota Malang. (Foto: hafiz/malangtimes)
Walikota Malang H.Moch.Anton (dua dari kiri) bersama inisiator MCF, Vicky Arief (kiri), Sekjen ICCCN, Liliek Setiawan dan pelaku industri kreatif di Kota Malang. (Foto: hafiz/malangtimes)

MALANGTIMES - Malang Creative Fusion (MCF) yang baru di-launching malam ini bertekad menjadikan Kota Malang sebagai salah satu Kota Kreatif Dunia yang diakui oleh UNESCO. Target ini diharapkan bisa terwujud dalam kurun waktu lima tahun mendatang.

Hal ini disampaikan, Vicky Arief, salah satu inisiator MCF, ketika diwawancarai MALANGTIMES seusai acara launching di Perpustakaan Umum Kota Malang, beberapa saat lalu.

Baca Juga : Wali Kota Nonsan Korea Selatan Gandeng Kota Malang

Menurutnya, MCF dalam waktu dekat akan membuat strategi branding, yang diisi dengan berbagai kegiatan kreatif. Di antaranya membuat beberapa Creative Zone di Kota Malang, dengan memanfaatkan ruang-ruang publik yang ada. 

"Di Kota Malang, patut kita sadari pembangunannya sangat luar biasa, namun perlu diperhatikan kurang adanya sentuhan kreativitas di sana," katanya kepada MALANGTIMES

MCF akan mencoba mengintervensi ruang publik yang kurang dimanfaatkan masyarakat itu. Beberapa ruang publik akan dibuat beberapa Creative Zone, berdasarkan tema kreatif masing-masing.

"Nanti akan ada Creative Zone animasi, arsitektur, fotografi, dan lainnya. Yang tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke Kota Malang," urainya. 

Untuk itu, MCF bakal menggandeng berbagai komunitas kreatif di Kota Malang, MCF tengah berupaya menyusun agenda besar tahunan Kota Malang. 

Baca Juga : Menteri Koperasi dan UKM Meresmikan Malang City Expo untuk Tingkatkan Produk UKM Berkualitas

"Nantinya semua agenda kegiatan tersebut akan dipasang pada sebuah aplikasi android, sehingga sangat memudahkan wisatawan. Jadi mereka tahu mana tempat yang dituju dan agenda apa yang digelar," ucapnya. 

Ia juga mengakui bahwa dalam konteks kreativitas, khususnya di kalangan muda, Kota Malang mempunyai potensi industri kreatif luar biasa, namun belum tergarap maksimal. 

Lebih jauh ia menerangkan bahwa, MCF sebagai forum komunikasi lintas komunitas yang mandiri, akan ada menjalin sinergitas dengan empat elemen di Kota Malang, mulai dari komunitas kreatif, pengusaha, akademisi dan pemerintah untuk mensukseskan tujuan ini. (*)

Topik
Malang Creative FusionUNESCO

Berita Lainnya

Berita

Terbaru