Akibat Banjir Bandang di Coban Rondo Dam PDAM Rusak Parah

Feb 03, 2016 17:39
Kondisi kawasan Air Terjun Coban Rondo setelah diterjang banjir bandang. (Foto: agus/batuTIMES)
Kondisi kawasan Air Terjun Coban Rondo setelah diterjang banjir bandang. (Foto: agus/batuTIMES)

MALANGTIMES - Banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, mengakibatkan kerusakan Dam Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Kabupaten Malang rusak parah.

Baca Juga : Draft Sudah Final, Besok Pemkot Malang Ajukan PSBB

Kerusakan pada Dam PDAM Kabupaten Malang, yang terletak di atas Air Terjun Coban Rondo tersebut mengakibatkan aliran air ke warga Desa Pandesari mati total.

Hal tersebut akui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Malang, Bagiyo Setyono, saat meninjau lokasi yang terkena dampak banjir bandang di Coban Rondo.

"Akibat banjir, pipa dan Dam penampungan air di atas Coban Rondo yang mengairi warga Pujon, mengalami kerusakan parah," jelasnya, Rabu, (3/2/2016).

Menurutnya, jika kejadian banjir ini merupakan kejadian kedua sejak tahun 1983 silam. "Banjir ini juga pernah terjadi, namun lebih parah yang dahulu, pada tahun 1983 silam," aku Bagiyo.

Baca Juga : Hari ke 2 Proses Pencarian Pendaki Hilang karena Kesurupan, Puluhan Personel Dikerahkan

Sebagai langkah antisipasi katanya, pihaknya akan menyediakan truk tangki yang akan mendistribusikan air kepada warga di Pandesari yang terdampak.

"Akan kami distribusikan air melalui truk tangki, sembari menunggu perbaikan Dam dan pipa, juga kembali jerihnya air," tandasnya.

Banjir bandang yang mengakibatkan kerusakan tersebut, terjadi pada Selasa, (2/2/2016) sore, sekira pukul 17:00 WIB. (*)

Topik
banjir bandangCoban Rondo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru