Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Ajang FORDA Jatim di Kota Malang Diprediksi Munculkan Perputaran Ekonomi hingga Rp 10 Miliar

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Heryanto

28 - May - 2023, 14:21

Pembukaan FORDA I Jatim di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Pembukaan FORDA I Jatim di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Ribuan pegiat olahraga bertandang ke Kota Malang dalam ajang Festival Olahraga Masyarakat Daerah (FORDA). Tercatat ada sebanyak 2.200 pegiat olahraga yang bakal berkompetisi dalam 109 jenis olahraga.

Namun demikan, masyarakat yang berkunjung ke Kota Malang dengan digelarnya event tersebut diperkirakan mencapai 10 ribu orang. Dimana hal ini, ditangkap sebagai peluang untuk bisa mendongkrak ekonomi warga.

Dengan jumlah tersebut, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan perputaran ekonomi yang terjadi diperkirakan bisa mencapai miliaran. Dengan perkiraan 1 orang menghabiskan hingga Rp 300 ribu dalam sehari selama berada di Kota Malang.

"Kita lihat saja nanti jumlahnya berapa, kalau misalnya 10 ribu orang. Satu hari, satu orang menghabiskan uang Rp 300 ribu saja, tinggal dikalkulasi," jelas Sutiaji, Sabtu (27/5/2023) malam.

Apalagi pada Minggu (28/5/2023), ada dua event yang digelar sekaligus di Kota Malang. Yakni pameran bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan penampilan dari Musik Malang Bersatu Indonesia (MMBI).

Dua event tersebut digelar di sepanjang Jalan Basuki Rahmat, atau yang biasa disebut Kawasan Kayutangan Heritage. Keduanya digelar dalam rangka menyemarakkan HUT ke-109 Kota Malang.

"Apalahi ada suguhan MBBI 109, diharapkan banyak yang bakal menonton itu. Dan disitu akan terjadi perputaran ekonomi. Yang akan menjadi kekuatan kita bersama," terang Sutiaji.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Malang Baihaqi. Menurutnya, perputaran ekonomi yang terjadi dengan digelarnya FORDA Jawa Timur diperkirakan mencapai Rp 10 Miliar.

"Nah dari itu (10 ribu orang yang datang ke Malang) kita hitung saja kalau satu orang rata-rata menghabiskan hingga Rp 1 juta dalam 4 hari. Berarti kan Rp 10 Miliar," jelas Baihaqi.

Angka itu pun menurutnya tidak menutup kemungkinan bisa lebih. Sebab, masyarakat yang datang ke Kota Malang untuk berpartisipasi dalam event itu juga berasal dari semua kalangan. Hal itu lah yang ia coba tangkap sebagai sebuah peluang.

"Ini kalau hanya Rp 1 juta, saya yakin lebih dari itu. Karena ini kan semua kalangan. Itulah kami menangkap, makanya kenapa Kota Malang siap," jelas Baihaqi.

Hal itulah yang menurutnya juga diharapkan bisa berdampak pada terungkitnya ekonomi masyarakat di Kota Malang. Selain itu juga terhadap perolehan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Malang. 

"Cuma karena kita menangkap efek positifnya, maka kita harapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi terutama UMKM," pungkas Baihaqi.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Heryanto