Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Wali Kota Malang Yakini Iklim Start Up Digital di Kota Malang Bakal Tumbuh Subur

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Lazuardi Firdaus

25 - May - 2023, 13:30

Placeholder
Wali Kota Malang Sutiaji saat memberikan arahan pada kegiatan Sinergitas Pentahelix dalam Peningkatan Inovasi Startup Digital di Jawa Timur. (Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji menyebut bahwa iklim start up digital di Kota Malang tumbuh dengan baik. Bahkan menurutnya, pertumbuhan yang terjadi cukup signifikan dan berdampak pada ekonomi kreatif. 

Dari catatannya, dalam satu tahun ada pertambahan cukup signifikan pada jumlah pelaku start up digital. Dari yang semula ada sebanyak 87, sampai saat ini sudah ada lebih dari 200. 

"Dan seiring dengan itu pertumbuhan ekonomi kreatif naik dari 4,7 menjadi sepuluh koma sekian. Itu terjadi dalam setahun, 2021 ke 2022. Itu artinya luar biasa," ujar Sutiaji, Kamis (25/5/2023). 

Dengan capaian tersebut, dirinya meyakini bahwa tumbuh kembang pada iklim start up digital di Kota Malang juga akan terus berlanjut di tahun 2023 ini. Apalagi dengan adanya Malang Creative Centre (MCC). 

"Terlebih saat ini ada tempat inkubasi yakni MCC, manfaatnya MCC semua ya mungkin tidak bisa disampaikan satu per satu ya. Harapan kami MCC menjadi salah satu inkubator atas 17 subsektor ekonomi kreatif. Salah satunya digitalisasi," terang Sutiaji. 

Bahkan menurutnya, hal tersebut bukan hanya memberikan ruang bagi pelaku ekonomi kreatif maupun start up digital. Sebab hingga bulan Mei 2023 ini, setidaknya sudah ada lebih dari 60 ribu penerima manfaat. 

Yang dimaksud sebagai penerima manfaat tersebut adalah masyarakat yang terlibat dalam berbagai event yang digelar di MCC. Dimana setidaknya sudah ada sekitar 300 event yang telah digelar. 

"Penerima manfaat itu terbagi atas 200 sampai 300 event. Satu event melibatkan banyak orang, itu bukan pengunjung. Jadi penguatan start up, yang awalnya tak punya talenta jadi punya," jelas Sutiaji. 

Kedepannya, pertumbuhan tersebut juga bakal diproyeksikan dalam penguatan digitalisasi dalam pelayanan publik. Yang menurutnya, akan dikolaborasikan bersama anak-anak muda yang menjadi pelaku industri digital. 

"Anak-anak muda dengan digitalisasi layanan publik juga harus linier, makanya Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informatika) akan menguatkan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik)," pungkas Sutiaji. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Lazuardi Firdaus