Kementerian Pemuda dan Olahraga

Indonesia Siap Tuan Rumah Asian Paralympic Games 2018

Jan 29, 2016 08:08
Asian Paralympic Games 2015. (Foto: snpc)
Asian Paralympic Games 2015. (Foto: snpc)

MALANGTIMES – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, menyatakan kesiapan Indonesia menggelar ajang Asian Paralympic Games (APG) yang akan diadakan di Indonesia pada tahun 2018 mendatang.

Imam telah menyatakan kesiapan Indonesia sebgai tuan rumah APG 2018 ini kepada President Asian Paralympic Committee (APC), Majid Rashed, saat melakukan kunjungan kerja ke Riyadh, Arab Saudi, Kamis (28/1/2016) lalu.  

Indonesia secara resmi telah ditetapkan sebagai tuan rumah ke-3 Asian Para Games 2018 yang ditetapkan di Abu Dhabi pada 1-3 Januari 2015 lalu.

"Pemerintah Indonesia dalam pertemuan ini kembali menegaskan kesiapan menjadi tuan rumah dan berkoordinasi lebih lanjut mengenai kesiapan dan lainnya dengan pihak APC atau perwakilannya," kata Menpora.

Dalam kesempatan itu Menpora telah menyampaikan beberapa program yang telah berjalan di Indonesia antara lain, Keputusan Presiden RI No.2 tahun 2016 tentang Panitia Nasional Penyelenggara Asian Para Games Tahun 2018 telah di tandatangani langsung oleh Presiden RI.

"Keppres RI No.2/2016 yang telah ditandatangani Presiden Joko Widodo menjadi jaminan dan garansi Pemerintah Indonesia siap menjadi tuan rumah APG 2018 mendatang," lanjutnya.

Menpora menjelaskan penandatagan kontrak Indonesia sebagi tuan rumah harus segera dilakukan. Hal ini dilakukan agar dapat menjadi acuan tugas serta dan tanggung jawab, namun Indonesia juga tetap menekankan pentingnya beberapa poin utama.

Ada beberapa hal dalam kontrak yang dibicarakan pada kesempatan kunjungan kerja ini. Poin-poin tersebut adalah hak dan kewenangan Indonesia sebagai tuan rumah, keleluasaan Indonesia dalam menentukan tempat penyelenggaraan apabila Jakarta tidak memungkinkan, games fee USD 2,5 juta dan marketing fee USD 1 juta agar dapat dinegosiasi sesuai kesanggupan Indonesia, serta keringananan pembayaran.

''Keringanan pembayaran perlu dilakukan mengingat Indonesia harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik dalam waktu kurang dari 3 tahun," jelas Menpora. (*)

Topik
Kementerian Pemuda dan Olahraga
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru