Ilustrasi. (foto: analisadaily.com)
Ilustrasi. (foto: analisadaily.com)

MALANGTIMES - Virus Zika yang mewabah di kawasan Amerika Latin turut menjadi perhatian negara lain. Dalam keterangannya, Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa virus itu akan menyebar ke semua negara di seluruh Amerika kecuali Kanada dan Chile.

Indonesia juga perlu waspada pada persebaran virus Zika. Seorang praktisi kesehatan, Dr Ari Fahrial Syam, mengatakan, antisipasi terhadap penyebaran virus Zika serupa dengan pencegahan demam berdarah. Virus Zika bisa ditekan kasusnya jika kita dapat melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

"Pencegahan sama seperti pencegahan infeksi demam berdarah yaitu pemberantasan sarang nyamuk," kata Syam yang juga Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia Jakarta Raya (PAPDI Jaya) di Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Langkah pemberantasan sarang nyamuk yaitu dengan cara yang sudah akrab dengan masyarakat Indonesia. Langkah 3 M (Mengubur, Menguras dan Menutup) sangat dianjurkan agar tidak ada lagi tempat nyamuk untuk bersarang.

Selain pencegahannya yang sama dengan pencegahan demam berdarah, proses penularannya pun juga sama. Penularan virus Zika juga melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang menjadi pembawa virus Dengue yang menyebabkan penyakit demam berdarah Dengue. 

"Infeksi demam berdarah Dengue sendiri saat ini jumlah kasusnya meningkat di Indonesia yang memang sering terjadi pada musim hujan. Seperti kita ketahui bahwa selain menjadi vektor atau pembawa virus Dengue dan virus Zika, nyamuk ini juga membawa virus Chikungunya," jelasnya. (*)