Kementerian Pemuda dan Olahraga

Kunjungi Timor Leste Bersama Presiden, Menpora Jalin Kerja Sama Bilateral

Jan 27, 2016 01:01
Penandatanganan MoU Republik Indonesia dengan Timor Leste di bidang Pemuda dan Olahraga oleh Menpora saat mendampingi Presiden di Timor Leste (foto:kemenpora.go.id)
Penandatanganan MoU Republik Indonesia dengan Timor Leste di bidang Pemuda dan Olahraga oleh Menpora saat mendampingi Presiden di Timor Leste (foto:kemenpora.go.id)

MALANGTIMES - Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menggelar kunjungan kenegaraan di Replubik Demokratik Timor Leste. 

Baca Juga : Pemain Arema Tak Lagi Kirim Video Latihan, Ternyata Ini Sebabnya

Dalam acara yang berlangsung Selasa (27/1/2016) kemarin, Presiden mengadakan beberapa pertemuan bilateral dengan Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak di Istana Kepresidenan atau Palacio Presidencial, Dili, Timor Leste. Tak hanya itu, Menpora juga melakukan Memorandum of Understanding (MoU) di bidang olahraga dan pemuda.  

Presiden Jokowi mengatakan Timor Leste merupakan negara pertama yang dikunjungi pada 2016. Hal itu dikarenakan Indonesia ingin berkomitmen untuk membangun hubungan bilateral, ekonomi,  dan menjaga hubungan erat dengan Timor Leste. Presiden juga menegaskan kesiapan Indonesia sebagai mitra pembangunan Timor Leste. 

Lebih lanjut, dalam kunjungan tersebut kedua negara berkomitmen tinggi untuk meningkatkan hubungan bilateral di masa yang akan datang. Selain itu, Timor Leste juga kerja sama dengan Indonesia ini, mampu ekonomi Timor Leste agar lebih baik. 

Sementara itu, dalam kunjungan tersbut, Menpora juga telah melakukan penandatanganan kerjasama di bidang olahraga dan pemuda. 

Baca Juga : Masih Cari Pengganti Ratu Tisha, Waketum PSSI: Tugas dan Tanggung Jawab Sekjen Itu Berat

Dalam kerja sama di bidang pemuda ini, kedua negara akan fokus pada kerjasama yakni, pertukaran kunjungan pemuda antara kedua negara, pertukaran informasi tentang urusan kepemudaan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta melibatan pemuda kedua negara dalam beberapa kegiatan seperti Kapal Pemuda Nusantara. 

Sedangkan untuk bidang olahraga, Menpora bekerja sama dengan Timor Leste dalam program pertukaran program dan kunjungan oleh pelatih, para ahli, spesialis, dan peneliti di bidang olahraga prestasi, olahraga masyarakat, ilmu olahraga, kedokteran olahraga dan hukum olahraga, serta mendorong partisipasi dan pertukaran event olahraga termasuk pertandingan di perbatasan. 

"Saya senang dengan adanya kerjasama ini, harapannya ke depan beberapa program yang ada di Kemenpora dapat kami sinergikan dan kerjasama kan dengan negara Timor Leste," kata Menpora. (*)

Topik
Kementerian Pemuda dan OlahragaKerja Sama BilateralJokowi
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru