Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan LOMBA DESA KABUPATEN MALANG 2023

Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 Sukses Digelar, Berikut Daftar Juaranya

Penulis : Hendra Saputra - Editor : Nurlayla Ratri

21 - Mar - 2023, 11:58

Pemenang Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 saat befoto bersama para juri kehormatan (foto: Ashaq Lupito/JatimTIMES)
Pemenang Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 saat befoto bersama para juri kehormatan (foto: Ashaq Lupito/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 telah usai, tiga desa terpilih menjadi juara. Desa Pojok, Kecamatan Dampit menjadi jawara dengan mendapatkan nilai total 10.416,5 dan akan mewakili Kabupaten Malang pada lomba desa tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim).

Sejumlah rangkaian Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 telah dilalui sejak bulan Februari lalu. Mulai dari pendaftaran,  penilaian administrasi hingga penilaian visitasi atau lapangan.

juaraq-10ac4d3d4b947fd96.jpg

Puncaknya, Senin (20/3/2023) kemarin dilakukan uji panelis kepada enam desa yang terpilih masuk enam besar. Mulai dari Bupati Malang, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Malang, Ketua TP Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Malang, perwakilan DPMD Provinsi Jawa Timur (Jatim), hingga akademisi dari Universitas Brawijaya dan Tim dari JatimTIMES Network bakal dilibatkan sebagai juri kehormatan pada uji panel.

Juara dua Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 diraih oleh Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen. Sejumlah inovasi dan potensi desa membuat desa yang kurang lebih memiliki penduduk sekitar 3509 jiwa itu meraih nilai total 10.088,5.

Sementara juara tiga didapatkan Desa Srigonco, Kecamatan Bantur. Desa yang dipimpin oleh kepala desa (kades) termuda itu meraih nilai total sebesar 9.700,5.

Selanjutnya Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan memperoleh nilai total 9.471,0. Dan berhak meraih gelar juara harapan 1. Lalu juara harapan 2 didapatkan Desa Landungsari, Kecamatan Dau yang mendapatkan nilai total 9.355,0. Dan Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan merebut juara harapan 3 dengan nilai total 9.032,5.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Eko Margianto mengapresiasi Desa Pojok, Kecamatan Dampit yang menjadi juara pertama Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. Selanjutnya, Desa Pojok akan diikutkan Lomba Desa tingkat provinsi.

Oleh karena itu, ia berharap kepada desa yang terpilih menjadi juara pertama agar tetap mempertahankan inovasi dan potensi desa untuk mewakili Kabupaten Malang di tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim).

“Nanti pemenang Lomba Desa akan ikut di tingkat provinsi. Kami harap hal ini menjadi pelecut semangat untuk desa lain yang masih belum mendapatkan kesempatan,” tutur Eko.

Sebagai informasi, juara 1 mendapatkan Rp 175 juta, laptop, 2 printer, piala, piagam dan studi tiru ke Yogjakarta. Kemudian, juara 2 mendapatkan Rp 100 juta, laptop, 2 printer, piala, piagam dan studi tiru ke Yogjakarta. Dan terakhir juara 3 mendapatkan Rp 75 juta, laptop, 2 printer, piala, piagam dan studi tiru ke Yogjakarta.

Sementara, juara harapan 1 memperoleh Rp 60 juta, piala, 1 printer dan piagam. Selanjutnya, juara harapan 2 memperoleh Rp 50 juta, piala, 1 printer dan piagam, dan juara harapan 3 memperoleh Rp 40 juta, piala, 1 printer dan piagam.

Sebagaimana yang telah diberitakan, Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 merupakan salah satu upaya untuk mendorong usaha pembangunan masyarakat melalui penguatan kelembagaan, peningkatan kapasitas masyarakat, partisipasi masyarakat, penanggulangan kemiskinan hingga swadaya gotong-royong masyarakat di desa.

jauara-117b734c1e000fffe.jpg

Selain itu juga bertujuan untuk mengevaluasi keberhasilan usaha-usaha masyarakat dalam pembangunan. Yakni dengan melihat tingkat perkembangan desa selama dua tahun terakhir.

Sementara itu, total hadiah dalam Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 kali ini mencapai Rp 500 juta. Hadiah tersebut merupakan dana program yang dialokasikan pada PAK APBD Tahun 2023.

Sedangkan dalam realisasinya akan disalurkan melalui Alokasi Dana Desa (ADD). Jika dibandingkan dengan beberapa lomba yang telah diselenggarakan, ajang kali ini merupakan agenda perlombaan dengan hadiah terbanyak di Jawa Timur.

Sekedar informasi, ada enam desa yang lolos dalam uji panel Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. Yakni meliputi Desa Srigonco, Kecamatan Bantur; Desa Sengguruh, Kecamatan Kepanjen; Desa Sidoasri, Kecamatan Sumbermanjing Wetan (Sumawe); Desa Pojok, Kecamatan Dampit; Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan; dan Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Perlu diketahui, terselenggaranya Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 ini, juga didukung oleh berbagai pihak. Selain Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, akademisi Universitas Brawijaya, dan media massa JatimTIMES Network. Sejumlah pihak mulai dari Bank Jatim Cabang Kepanjen, Indomaret, BPJS Ketenagakerjaan, hingga Sharetour Wisata juga turut mensukseskan dalam acara Lomba Desa Kabupaten Malang 2023 tersebut.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Hendra Saputra

Editor

Nurlayla Ratri