Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Sekolah Manfaatkan Try Out untuk Mengukur Kesiapan UAN

Penulis : Arasy Pradana - Editor : Redaksi

26 - Jan - 2016, 12:04

Suasana pelaksanaan try out ujian nasional di SMAN 7 Malang, pada Selasa (26/1/2016). (Foto: arasy/malangtimes)
Suasana pelaksanaan try out ujian nasional di SMAN 7 Malang, pada Selasa (26/1/2016). (Foto: arasy/malangtimes)

MALANGTIMES – Bagi sekolah, pelaksanaan try out ujian nasional memiliki sejumlah manfaat. Salah satunya, untuk mengukur kesiapan jelang UAN yang sebenarnya. Try out juga membuat siswa menjadi lebih siap dan matang secara mental.

“Para siswa diharapkan untuk mengerjakan semampu mereka,” ungkap Yudhanto, ketua panitia try out ujian nasional SMAN 7 Malang, kepada MALANGTIMES.

Dalam try out, lanjutnya, tidak ada tuntutan bagi siswa untuk mendapatkan hasil tertentu.  Sejak awal, try out sendiri memang ditujukan untuk menguji coba  kemampuan para calon peserta.

Oleh karena itu, seluruh prosedur pelaksanaan ujian nasional perlahan mulai diterapkan. Khususnya terkait hal-hal yang subtil dan menjadi misi utama ujian nasional, yaitu integritas dan kejujuran.

Diketahui, sejak setahun silam ujian nasional tak lagi menjadi indikator penentu kelulusan siswa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahkan menyiapkan penghargaan khusus bagi sekolah yang berhasil menjalankan ujian nasional dengan penuh inetgritas.

“Pengawasan telah kami perketat sejak awal,” lanjut Yudhanto.

Namun di tataran teknis pelaksanaan, sejumlah aspek belum dapat diterapkan. Semisal, try out tingkat kota kali ini masih berbasiskan kertas (paper based). Pembagian ruangan peserta juga masih mengikuti kelas-kelas. (*)


Topik

Pendidikan Try-Out-tingkat-Kota-Malang SMAN-7-Malang


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arasy Pradana

Editor

Redaksi