Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Lomba Desa Kabupaten Malang 2023: 350 Desa Telah Input Data di Epdeskel

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Heryanto

01 - Mar - 2023, 15:17

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Eko Margianto (kiri, pakai masker) saat memimpin salah satu agenda pemerintahan pada beberapa waktu lalu. (Foto : Istimewa)
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Eko Margianto (kiri, pakai masker) saat memimpin salah satu agenda pemerintahan pada beberapa waktu lalu. (Foto : Istimewa)

JATIMTIMES - Antusiasme desa dalam berpartisipasi pada Lomba Desa Kabupaten Malang dan penilaian 10 Program Pokok PKK 2023 tinggi. Hal itu terbukti dengan banyaknya animo dari pemerintah desa (Pemdes) di Kabupaten Malang yang telah memenuhi beberapa persyaratan lomba. Diantaranya persyaratan input data melalui website epdeskel dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang Eko Margianto menyebut, saat ini sudah lebih dari 92 persen desa yang sudah memenuhi persyaratan terkait epdeskel tersebut.

"Entry data evaluasi perkembangan desa dan kelurahan dua tahun terakhir pada website epdeskel sudah ada 350 desa yang telah mengupdate," katanya kepada Jatim Times.

Rinciannya, dijelaskan Eko, 315 Desa Cepat Berkembang, 28 Desa Berkembang, dan tujuh Desa Kurang Berkembang. "Hingga kemarin (Selasa 28/2/2023) desa yang belum update (epdeskel) ada 28 desa," jelasnya.

Tidak hanya persyaratan epdeskel, beberapa persyaratan lain seperti input data melalui aplikasi yang diinisiasi oleh pemerintah dan DPMD Kabupaten Malang juga telah dipenuhi oleh pihak desa.

Beberapa aplikasi yang dimaksud tersebut meliputi IDM, DDC, SIMANIS DESA, dan SIPADES. "Rata-rata semua desa sudah diberikan akses dan sudah mulai mengisi," tukasnya.

Sebagaimana yang telah diberitakan, desa diwajibkan memenuhi berbagai persyaratan dalam Lomba Desa Kabupaten Malang 2023. Berikut ketentuan persyaratannya.

1. Entry data Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Dua Tahun Terakhir (Cepat Berkembang) (2022 dan 2023) pada website www.epdeskel.binapemdes.kemendagri.go.id
2. Update data Profil Desa dan Kelurahan Dua Tahun Terakhir
(2022 dan 2023) dengan Klasifikasi Minimal Swakarya pada
website www.prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id
3. Perdes tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes)
4. Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes Dua Tahun Terakhir (2021 dan 2022)
5. Desa Wajib Input aplikasi IDM, DDC, SIMANIS DESA Dan SIPADES
6. Penilaian Pelaksana Terbaik 10 Program Pokok PKK


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Heryanto