SUBUR: Tanaman stroberi milik Taufik bisa tumbuh optimal karena tidak saling menutupi an mendapatkan sinar matahari yang cukup. (Foto: nurliana ulfa/batutimes)
SUBUR: Tanaman stroberi milik Taufik bisa tumbuh optimal karena tidak saling menutupi an mendapatkan sinar matahari yang cukup. (Foto: nurliana ulfa/batutimes)

MALANGTIMES – Bercocok tanam dengan cara vertikultur bukan berarti tidak bisa bereksperimen dengan berbagai jenis tanaman. Justru dengan vertikultur, berbagai jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik dan berbuah manis. Seperti yang diutarakan oleh Taufik Abdul Rouf, salah satu warga Desa Punten Kecamatan Bumiaji Kota Batu yang merintis bertanam stroberi secara vertikultur sejak 3,5 bulan yang lalu.

Baca Juga : Per Hari Ini Kasus Positif Covid-19 Ditemukan di 23 Provinsi, Total 5.136 Penderita

Pria 46 tahun ini menjelaskan, varietas tanaman yang memungkinkan untuk ditanam secara vertikultur sangat beragam. “Kalau ingin mudah, maka kita bisa gunakan jenis tanaman yang karakter tubuhnya pendek. Seperti stroberi, sayur-sayuran seperti andewi, sawi, sawi daging, kangkung, bayam, dan beberapa jenis bunga,” jelas bapak dua anak ini.

Tubuh tanaman yang pendek akan mudah ditanam di dalam paralon atau bambu atau besi yang mejadi media tanam vertikultur. Dengan tubuh yang pendek, tidak dikhawatirkan tanaman tumbuh miring, terlalu panjang dan terjatuh.

Namun bukan berarti jenis tanaman berkayu tidak dapat ditanam secara vertikultur. ”Tanaman berkayu seperti tomat, cabe, terong juga bisa ditanam secara vertikultur. Namun harus ada tongkat atau sejenisnya untuk menyangga tanaman yang mulai berbuah. Jika tidak, tanaman bisa terjatuh,” papar Taufik.

Baca Juga : Rektor UMM Merespons Desas-desus Pergantian WR III dan Kursi Baru WR IV

Selain tanah, media tanam vertikultur yang lebih menarik adalah air atau yang lebih terkenal dengan hidroponik. “Ke depannya, setelah berhasil bertanam vertikultur dengan media tanah, saya ingin mencoba bertanam dengan media air atau hidroponik,” ujar Taufik yang sudah pernah mencicipi manis stroberi hasil vertikulturnya ini.(*)