Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Datang ke UIN Malang, Kementerian Pendidikan Kerajaan Saudi Arabia Ajak Kerjasama

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Lazuardi Firdaus

09 - Feb - 2023, 15:57

UIN Malang Kedatangan Rombongan dari Kerajaan Arab Saudi (UIN Malang)
UIN Malang Kedatangan Rombongan dari Kerajaan Arab Saudi (UIN Malang)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang kembali kedatangan tamu istimewa dari Kementerian Pendidikan Kerajaan Saudi Arabia (KSA). Kedatangan Kementerian Pendidikan KSA itu, juga disertai dengan delegasi Universitas Islam Madinah dan Universitas Ummul Alquro, Kamis (9/2/2023). 

Tokoh yang hadir dari delegasi KSA yakni, Dr Abdulrahman Ali M Alamri, Dr Sami Abdulrahman H Alharbi dari Kementerian Pendidikan KSA. Sedang dari delegasi dari Universitas Madinah yakni Dr Ibrahim Salem N Alsaedi dan Dr Hasan Abdulhamid A Bukhari delegasi Universitas Ummul Alquro.

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainuddin MA, bersama dengan jajaran Wakil Rektor dan sivitas UIN Maliki Malang lainnya menyambut langsung kedatangan tamu istimewa ini.

1

Kedatangan tokoh pendidikan dari KSA ini, tentunya tak hanya sekedar bersilaturahmi. Namun, juga untuk menjalin kerjasama pada berbagai bidang, khususnya bidang akademik, bidang penelitian, beasiswa, pengembangan sains dan teknologi hingga program pertukaran mahasiswa dan dosen.

UIN Maliki Malang menjadi salah satu perguruan tinggi yang direkomendasikan untuk bisa diajak kerjasama dengan Kementerian pendidikan KSA. Pihaknya berharap. sinergitas yang baik ini dapat terus terjalin sehingga dapat memberikan kebermanfaatan yang baik bagi UIN Maliki Malang maupun perkembangan pendidikan KSA. 

Setelah berbincang, rombongan dari KSA maupun Kementerian Pendidikan KSA bersama delegasi dua kampus bersama Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainudin MA melihat langsung proses pembangunan Ma'had dan Kampus III UIN Maliki Malang yang mendapatkan pendanaan dari Saudi Fund Development (SFD).

2

Dalam sambutannya, rektor yang akrab disapa Prof Zain ini menyampaikan, bahwa UIN Malang ini merupakan kampus perpaduan dunia pesantren dengan perguruan tinggi, setiap mahasiswa harus tinggal di Ma'had untuk memperdalam ilmu keagamaan sekaligus membentuk karakter baik guna menjadi sarjana yang religius dan berintelektual.

Banyak mahasiswa UIN Maliki Malang yang menjadi penghafal Al-Qur'an. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan keagamaan. Bahkan, tak sedikit mahasiswa yang antusias ikut program hafalan Al-Qur'an di bawah lembaga Haiah Tahfidzul Qur'an (HTQ).

Bukan hanya itu, UIN Maliki Malang juga memiliki mahasiswa asing terbanyak di antara Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang ada di Indonesia. Hal itu juga membuat UIN Malang meraih penghargaan dari Kementerian Agama.

"Mahasiswa UIN Maliki Malang berasal dari berbagai belahan dunia. UIN Malang telah dinobatkan oleh Kementerian Agama sebagai perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa asing terbanyak," pungkasnya.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Lazuardi Firdaus