Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Usai Gelar Meja Bundar Bersama Petinggi Pers, Jokowi Ungkap Kesedihannya Soal Iklan Media Diambil Platform Digital Asing

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

09 - Feb - 2023, 12:02

Presiden Indonesia, Joko Widodo (foto dari internet)
Presiden Indonesia, Joko Widodo (foto dari internet)

JATIMTIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap rasa sedihnya usai mengetahui kondisi keberlanjutan media konvensional. Pada kesempatan itu Jokowi mengatakan, belanja iklan media konvensional telah diambil oleh platform asing.

"Keberlanjutan industri media konvensional juga menghadapi tantangan berat. Saya mendengar banyak mengenai ini, bahwa sekitar 60 persen belanja iklan telah diambil oleh media digital terutama platform-platform asing," kata Jokowi dalam sambutannya Puncak Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2023 di Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023).

Lebih lanjut, Jokowi mengungkap hal tersebut diketahui setelah ia melakukan pembahasan bersama dengan Dewan Pers pada Rabu (8/2/2023) malam. Pembahasan itu dilakukan Jokowi bersama Dewan Pers sembari menikmati durian.

"Sedih lho kita, sehingga tadi malam, saat makan malam, makan durian, saya mengundang beberapa tokoh insan pers, lalu berbicara mengenai ini," tuturnya.

Selanjutnya, Jokowi mengungkap jika Menkominfo telah mengajukan izin prakarsa terkait rancangan peraturan presiden soal kerja sama perusahaan pers dan platform digital. Perpres itu ditujukan untuk mendukung jurnalisme berkualitas.

"Kita tahu bahwa Menkominfo baru saja mengajukan izin prakarsa mengenai rancangan perpres tentang kerja sama antara perusahaan pers dan platform digital untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga mengungkap jika ada rancangan perpres soal tanggung jawab perusahaan platform digital. Jokowi ingin segera ada pertemuan untuk membahas rancangan perpres ini.

"Tapi ada usulan lain, rancangan perpres tentang tanggung jawab perusahaan platform digital untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas. Saran saya bertemu, kemudian dalam satu bulan ini harus selesai soal perpres ini. Jangan lebih dari satu bulan. Saya akan ikut dalam beberapa pembahasan tentang ini," ungkapnya.

Pada akhirnya menurut Jokowi, sumber daya keuangan media konvensional akan terus berkurang. Hal itu menurut Jokowi tentu akan menyulitkan media dalam negeri.

"Sumber daya keuangan media konvensional akan berkurang terus. Larinya pasti ke sana. Dan sebagian sudah mengembangkan diri ke media digital, tetapi dominasi platform asing dalam belanja iklan telah menyulitkan media dalam negeri kita," katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Iriana Joko Widodo menikmati durian bersama sejumlah pemimpin redaksi (pemred) media nasional dan media lokal Sumatera Utara (Sumut), Rabu (8/2/2023) malam.

Momen Jokowi makan durian bersama para Pimred Media di Medan. (Foto dari internet)

Jokowi dan rombongan menikmati durian di Si Bolang Durian, Kota Medan. Jokowi dan ibu Iriana tiba di medan sekitar pukul 20.35 WIB dan kedatangan orang nomor satu Indonesia itu disambut antusiasme warga yang juga berada di rumah makan durian tersebut.

Dalam momen santai itu, Jokowi tampak berbaur dan bergurau bersama dengan pemimpin redaksi yang ada di sana. Menurut Kemal Gani, Pemred SWA, hadirnya Jokowi dalam momen santai itu tak hanya untuk memakan durian namun juga membahas banyak hal. Salah satunya yang berkaitan dengan media di Indonesia.

“Malam ini kami bersyukur sekali bisa makan durian bareng Pak Presiden Jokowi di Bolang,” ucap Kemal Gani, Pemred SWA, dilansir dari siaran pers Sekretariat Presiden, Kamis (9/2/2023).

“Bagaimana media bisa tumbuh dengan berkelanjutan, media-media bisa menghasilkan tulisan yang berkualitas, bertanggung jawab, dan berkode etik jurnalistik,” katanya.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri