Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Wali Kota Malang Sutiaji Koordinasi dengan Pemerintah Pusat, Tahun 2023 Pasar Besar Bakal Dibangun

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Nurlayla Ratri

06 - Feb - 2023, 19:45

Wali Kota Malang Sutiaji didampingi Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang Eko Sri Yuliadi di Stadion Gajayana, Minggu (22/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji didampingi Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang Eko Sri Yuliadi di Stadion Gajayana, Minggu (22/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji telah melakukan koordinasi dan komunikasi intensif dengan jajaran pemerintah pusat perihal pembangunan Pasar Besar yang selama kurang lebih 18 tahun di bawah pengelolaan PT Matahari Putra Prima (MPP) Tbk. 

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang itu juga telah menginstruksikan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang untuk segera melakukan koordinasi dan meminta rekomendasi kepada Kementerian Perdagangan RI. 

"(Masalah pengelolaan) Pasar Besar sudah clear, Alhamdulillah. Kami minta Diskopindag untuk segera meminta rekomendasi pada Kemendag. Saya juga minta Asisten 2 bergeser ke Kementerian PU dan kami sudah calling dengan Kementerian Keuangan, mudah-mudahan (Pasar Besar) bisa dibangun di 2023," ungkap Sutiaji. 

Alumnus UIN Maliki Malang (dulunya IAIN Malang) ini menuturkan, komunikasi dan koordinasi yang intens dengan Kementerian Keuangan RI agar anggaran untuk pembangunan Pasar Besar bisa masuk dalam pembahasan perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran (TA) 2023. 

"Doakan, paling tidak sudah clear (permasalahan pengelolaan Pasar Besar), LO (Legal Opinion) sudah jelas, bahwa APBD bisa mengawal seandainya ada kelambatan itu semua," terang Sutiaji. 

Pihaknya berharap, pembangunan Pasar Besar  dapat dilakukan pada tahun 2023 dengan biaya dari APBN Perubahan TA 2023 dan kesiapan APBD Perubahan Kota Malang TA 2023 jika terjadi kelambatan dalam proses pembangunan Pasar Besar. 

Nantinya, setelah tahap pembangunan Pasar Besar rampung, Sutiaji meminta agar bangunan Pasar Besar dapat dikhususkan untuk mengakomodasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Malang. Hal ini sesuai dengan komitmen Sutiaji untuk terus memajukan UMKM Kota Malang dan meningkatkan perekonomian di Kota Malang.

Lebih lanjut, setelah permasalahan pengelolaan dan pembangunan Pasar Besar sudah terselesaikan, pihaknya akan dapat fokus menyelesaikan pekerjaan pembangunan lainnya. Sehingga masyarakat dapat dengan nyaman menikmati fasilitas yang telah dibangun oleh Pemkot Malang. 

"Tinggal nanti ada beberapa pasar insya Allah, itu mudah mudahan bisa terselesaikan di masa akhir jabatan kami. Ada dua, Pasar Blimbing dan Pasar Gadang. Plus jacking juga sudah menjadi agenda akan kami lakukan percepatan untuk minta dampingan KPK," tandas Sutiaji. 


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Nurlayla Ratri