Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Umrah Bersama, Rumah Sedekah NU Ajak Anak Yatim untuk Ziarah Religi

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Lazuardi Firdaus

06 - Feb - 2023, 18:27

Jamaah umrah Rumah Sedekah NU bersama anak yatim dan mitra saat berada di kompleks Masjid Quba, Madinah  (foto: istimewa)
Jamaah umrah Rumah Sedekah NU bersama anak yatim dan mitra saat berada di kompleks Masjid Quba, Madinah (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Salah satu kegiatan yang dilakukan jamaah Umrah Rumah Sedekah NU bersama anak yatim dan mitra, adalah wisata religi ke beberapa situs sejarah zaman Rasulullah SAW. Tempat sejarah yang dituju adalah Masjid Quba dan Jabal Uhud.

Masjid Quba, menjadi tempat pertama yang dikunjungi dalam wisata religi jamaah umrah Rumah Sedekah NU bersama anak yatim dan mitra. 

Masjid Quba sendiri merupakan masjid yang dibangun pertama kali usai Rasulullah SAW hijrah ke Madinah. Masjid ini memiliki pesona keindahan dan nilai sejarah yang penting dalam tarikh Islam, sehingga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. 

Inisiator Rumah Sedekah NU, K.H. Noor Shodiq Askandar menjelaskan saat di Masjid Quba, jamaah umrah dan anak- anak yatim diajak untuk melaksanakan salat sunnah. "Karena pahala sholat dua rakaat di Masjid Quba, pahalanya sama dengan ibadah umroh (Al hadits)," ungkap Gus Shodiq- sapaan akrab K.H. Noor Shodiq Askandar. 

Kemudian jamaah umrah Rumah Sedekah NU bersama anak yatim dan mitra melanjutkan perjalanan wisata religi ke Jabal Uhud. Dalam perjalanan menuju Jabal Uhud, Mutowif menceritakan tentang peristiwa perang uhud dan pembelajaran yang terjadi dari peristiwa tersebut. 

"Dengan demikian, diharapkan cerita ini bisa diambil pelajaran tentang pentingnya taat kepada pemimpin dan memerangi hawa nafsu," ungkap Gus Shodiq. 

Di tempat ini pula, anak-anak yatim dijamu secara khusus oleh pemilik Medina Asian Restaurant yang juga alumni Pesantren Manbaul Ulum Banyuwangi untuk makan siang. 

KH Zainal Arifin sebagai salah satu pimpinan ibadah selama perjalanan jamaah umrah menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan rekreasi yang sekaligus memberikan pembelajaran berharga ini. Terutama pelajaran berharga tentang ketaatan, kekuatan, strategi dan bagaimana melawan hawa nafsu.


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Lazuardi Firdaus