Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Aktivitas Gunung Bromo Meningkat, Ada Sinar Api dari Kawah 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Lazuardi Firdaus

04 - Feb - 2023, 16:55

Laporan peningkatan aktivitas di Gunung Bromo (foto: tangkapan layar laman ESDM)
Laporan peningkatan aktivitas di Gunung Bromo (foto: tangkapan layar laman ESDM)

JATIMTIMES - Aktivitas Gunung Bromo tercatat meningkat sejak Jumat (3/2) pukul 21.14 WIB. Catatan itu disampaikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

"Terjadi peningkatan aktivitas kawah Gunung Bromo berupa teramatinya sinar api dari dalam kawah, berdasar pengamatan visual pada 3 Februari 2023 pukul 21.14 WIB," bunyi laporan yang disampaikan petugas ESDM, Wahyu Andrian Kusuma. 

Selain itu juga disebutkan bahwa bau belerang tercium kuat dari bibir kawah dan terdengar suara gemuruh. Asap kawah dalam satu minggu terakhir juga teramati berwarna putih tipis hingga tebal dengan ketinggian 50-900 meter dari puncak. 

Berdasarkan pengamatan kegempaan laporan tersebut, terjadi 1 kali gempa Vulkanik Dalam dengan amplitudo 3 mm, S-P 3.1 detik dan lama gempa 19 detik. 

"1 kali gempa Tremor Menerus dengan amplitudo 0.5-1 mm, dominan 0.5 mm," jelasnya. 

Meski ada peningkatan aktivitas, namun tingkat aktivitas Gunung Bromo masih berada di Level II (Waspada). 

Oleh karenanya, Wahyu meminta agar masyarakat dan wisatawan tidak memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif Gunung Bromo. 

Selain itu, masyarakat di sekitar Gunung Bromo, pedagang, wisatawan, pendaki dan pengelola wisata Gunung Bromo agar mewaspadai terjadinya letusan freatik yang bersifat tiba-tiba dan tanpa didahului oleh gejala-gejala vulkanik yang jelas. 

"Rekomendasi itu mengingat erupsi terakhir Gunung Bromo terjadi pada Juli 2019. Pada 2018 itu erupsi yang terjadi adalah erupsi freatik yang tanpa didahului peningkatan kegempaan secara signifikan," pungkasnya. 


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Lazuardi Firdaus