Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Bersama BNN, Mahasiswa FH Unikama Gaungkan P4GN Dihadapan PKK

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Heryanto

02 - Feb - 2023, 14:01

Mahasiswa FH Unikama bersama BNN Kabupaten Malang mensosialisasikan P4GN dihadapan ibu PKK Desa Talok (Ist)
Mahasiswa FH Unikama bersama BNN Kabupaten Malang mensosialisasikan P4GN dihadapan ibu PKK Desa Talok (Ist)

JATIMTIMES - Ari Lestari mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) membeberkan pengalamannya yang berharga selama magang. Bersama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Malang ia melakukan kegiatan sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang diselenggarakan di Desa Talok, Kecamatan Turen beberapa waktu lalu.

Kegiatan dengan audience ibu PKK di Desa Talok tersebut bertemakan "Optimalisasi Pengawasan Generasi Milenial Dalam Menghadapi Bahaya Narkotika". Sesuai dengan tema kegiatan, hal ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan informasi kepada ibu-ibu di PKK agar mengetahui bahaya dan risiko penyalahgunaan narkoba. 

"Kegiatan ini adalah bentuk dari komitmen bersama antara BNN Kabupaten Malang dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang untuk mewujudkan Kabupaten Malang yang 'Bersinar (Bersih Narkoba)," terang Ari Lestari.

1

Dalam kegiatan tersebut hadir Subkor Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) Citra Purnamasari sebagai pemateri sosialisasi. Pihaknya menjelaskan perihal bahaya penggunaan narkoba secara umum.

Ari melanjutkan, bahwa kemajuan Indonesia dalam memerangi narkoba ditentukan juga oleh generasi muda saat ini. Termasuk juga para generasi muda anak dari Desa Talok. 

"Dengan generasi mudanya berkualitas, maka narkoba itu bukan menjadi pilihan mereka," jelasnya.

Dalam sosialisasi P4GN juga disampaikan mengenai Inpres Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Rencana Aksi Nasional (RAN) P4GN. "Di sini walaupun pemerintah juga menjalankan perannya, dukungan aktif seluruh lapisan masyarakat masih tetap diperlukan dalam rangka menyukseskan upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika di Indonesia," tuturnya.

Mengingat pentingnya P4GN, maka menurut Ari harus terus-menerus dilakukan di daerah lainnya. Di mana juga turut menggandeng instansi pemerintah maupun elemen-elemen masyarakat, termasuk juga lingkungan kampus. Tanggungjawab memutuskan mata rantai penyalahgunaan narkoba dan peredaran narkoba merupakan tanggungjawab semua pihak. 

"Saya berharap kegiatan sosialisasi P4GN ini juga dapat dilakukan dan diberi akses untuk dilaksanakan di lingkungan universitas, khususnya di Universitas PGRI Kanjuruhan Malang," pungkasnya.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Heryanto