Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Kuatkan Karakter Unggul Era 5.0, FEB Unisma Hadirkan Profesor dari Rusia

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Nurlayla Ratri

01 - Feb - 2023, 18:44

FEB Unisma menyelenggarakan seminar nasional bertema, Building Internasional Competitive Graduate in the 5.0 Era (Istimewa)
FEB Unisma menyelenggarakan seminar nasional bertema, Building Internasional Competitive Graduate in the 5.0 Era (Istimewa)

JATIMTIMES - Mempersiapkan lulusan yang berdaya saing yang siap masuk dalam dunia usaha dan dunia industri, Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Islam Malang (FEB Unisma) menyelenggarakan seminar nasional bertema Building Internasional Competitive Graduate in the 5.0 Era.

Hadir sebagai speaker Internasional dalam seminar ini adalah Prof Elchin Gashimov, PhD yang merupakan Vice Rektor Moscow City University, Samara Rusia.

Associate Professor Nur Diana SE MS memberikan welcome speech dalam seminar rangkaian etika pengembangan diri ini. Seminar internasional dilakukan sebagai upaya kontribusi dan dukungan FEB mengakselerasi Unisma menjadi World Class University serta memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa menimba ilmu dari berbagai pakar dari seluruh dunia. Sehingga, lulusan FEB Unisma mampu menjadi lulusan yang unggul dan handal.

1

"Seminar internasional ini merupakan kegiatan yang memberikan wawasan internasional dan membangun karakter 5.0 bagi calon lulusan Unisma. Ini juga momen yang tepat bagi kami untuk memperluas jaringan dan kerja sama dengan universitas internasional," tuturnya.

Dalam paparannya, Prof Elchin Gashimov, PhD sebagai speaker Internasional Seminar membawa tema Digitalization and The Transformation of The 21st Century: Trends and Challenges. 

2

Dia mengupas tuntas tentang tren teknologi yang berkembang sangat pesat dan bagaimana tren ini melahirkan tantangan-tantangan di berbagai sektor. Tantangan terbesar dialami oleh generasi yang lebih tua yang mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan kemajuan teknologi. 

Untuk menghadapi tantangan ini, dia mengajukan sebuah solusi yaitu dengan adanya teaching and mentorship yang dilakukan lintas generasi. Di samping itu, kemajuan teknologi juga menimbulkan tantangan dan peluang di banyak sektor termasuk bidang militer, kesehatan pendidikan dan tentu sektor ekonomi. 

Oleh karena itu, Ia memberikan 52 kunci utama yang relevan untuk mendaur ulang ekonomi. Beberapa konsepnya adalah Advertising, Balance of Payment, Economis Depression dan lainnya.

Dalam seminar ini bayak dilakukan diskusi antara pembicara dengan audience. Beberapa aspek yang didiskusikan adalah kerja sama digital ekonomy Rusia dan Indonesia, technology adaptability, dan optimizing digital economy dalam era 5.0. 

Lebih lanjut, Prof Elchin menyampaikan, bahwa Indonesia adalah negara yang besar yang merupakan negara teman dari Rusia. Universitasnya membuka diri untuk bekerja sama dengan FEB Unisma dan berbagai pihak di Indonesia demi kemajuan bersama. 

"Unisma sebagai kampus Islam mampu menjadi mitra strategius dari Moscow City University Russia. Hal ini membuka peluang yang sangat besar untuk meningkatkan kerja sama di antara kedua perguran tinggi dan ke dua negara. Implementasi kerja sama di antara FEB Unisma dengan Moscow Rusia University akan diwujudkan dalam bentuk pengiriman mahasiswa Rusia yang akan melakukan inbound mobility program di FEB Unisma. Dan pada bulan Desember, tim dari Unisma akan menghadiri acara Global Summit di Moscow City University, Samara Rusia serta melakukan ekspansi kerja sama dengan berbagai mitra di eropa dan timur tengah," tuturnya.

Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi yang juga hadir  didamping Kepala Urusan Internasional Unisma, Dr Imam Wahyudi Karimullah SS MA juga menyampaikan apresiasi kepada Dekan FEB Unisma dan tim yang selalu bersinergi untuk melakukan kegiatan-kegiatan dengan level nasional dan internasional.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Nurlayla Ratri