Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Teror Isu Penculikan Anak di Jatim, Korban Tersebar di Empat Daerah Ini

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

31 - Jan - 2023, 12:09

Ilustrasi penculikan anak. (Foto dari internet)
Ilustrasi penculikan anak. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Para orang tua di Jawa Timur (Jatim) beberapa waktu terakhir mengalami peneroran dengan beredarnya isu penculikan terhadap anak. Informasi itu tersebar melalui grup-grup WhatsApp dan media sosial warga.

Salah satu contoh yang terbaru adalah video penculikan yang terjadi di Bogor, Jawa Barat. Sementara, untuk Jatim sendiri hanya diimbau agar lebih berhati-hati lantaran maraknya penculikan terhadap anak.

Lalu, di Mojokerto beredar kabar bahwa seorang anak menjadi korban dari aksi penculikan itu. Hal itu diketahui dari sebuah video yang beredar, video itu kemudian dinarasikan bahwa korban tersebut bernama Fasco warga Perumahan Mutiara Garden Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto.

Fasco merupakan seorang pelajar SMP. Fasco diculik saat akan pulang sekolah pada (28/01/2023). 

Tidak berselang lama, warga di Kabupaten Malang Jawa Timur mendapatkan kabar yang serupa dengan Mojokerto. Seorang bocah SD di Kecamatan Dampit lari mengaku kepada orangtuanya hendak diculik orang.

Isu tersebut juga sudah tersebar luas di internet. Kasus penculikan di Malang telah ditangani kepolisian setempat dan sedang dilakukan penyelidikan. Terduga pelaku memakai baju hitam-hitam saat ini sedang diburu.

"Laporannya sudah kami terima. Sekarang kami masih menyelidiki kasusnya termasuk memburu pelaku," ujar Kapolsek Dampit AKP Agung Hartawan.

Agung menerangkan, upaya penculikan ini terjadi sekitar pukul 10.00 WIB ketika korban pulang sekolah. Ketika jalan kaki, berjarak sekitar 100 meter dari sekolah didatangi seorang pria. 

"Pelaku sendirian. Dia mengendarai sepeda motor. Pelaku diketahui memakai baju warna hitam," ujarnya.

Sementara sebelumnya di Bangkalan, isu seperti di Mojokerto dan Malang juga merebak luas. 

Merebaknya isu tersebut kemudian mendapat tanggapam dari pihak kepolisian. Kepala Polres Ajun Komisaris Besar Polisi Wiwit Ari Wibisono mengatakan bahwa isu tersebut adalah hoax.

"Itu kabar hoaks dan tidak benar," kata Wiwit kepada awak media di Bangkalan, Senin (30/1/2023).

Selain dalam bentuk video, warga Bangkalan juga diresahkan dengan rekaman audio yang viral. Rekaman video itu berisikan rencana penculikan anak.

Sementara, menurut Kapolres kabar tentang penculikan anak yang kini menyebar luas di Bangkalan itu sudah pernah terjadi pada sekitar tahun 2016 dan 2017.

Hasil penyelidikan yang dilakukan tim Reskrim Polres Bangkalan, kasus penculikan anak itu tidak pernah ada.

Hal yang serupa juga terjadi di Probolinggo. Bahkan, pihak MUI Kabupaten Probolinggo mengimbau agar masyarakat perlu selektif dan hati-hati setiap menerima informasi di HP, baik foto maupun video agar tidak menimbulkan keresahan. Pihak MUI menambahkan, sebelum membagi informasi, hendaknya diklarifikasi terlebih dahulu.

"Saya juga menerima beberapa video terkait penculikan anak. Ada yang benar (yang di Jakarta dan sudah ditangkap, pelaku seorang pemulung) dan ada beberapa yang tidak jelas sumber dan lokasinya," kata H Yasin, Sekretaris MUI setempat.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah sejunmlah tips yang harus orang tua ajarkan kepada anak agar terhindar dari aksi penculikan:

Tips yang pertama sebagai langkah perlindungan diri, ajari anak untuk berteriak minta tolong jika ada orang tidak ia kenal yang memaksanya pergi.

Orang tua harus selalu mengetahui kegiatan anak. 

Selalu tahu dimana dan dengan siapa anak berada dan memastikan bahwa mereka selalu dalam situasi yang aman.

Bertindak cepat. 

Jika merasa ada ancaman, segera bertindak dan melaporkan kepada polisi atau orang yang dapat dipercayai.


Topik

Peristiwa


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri