Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Jokowi Sebut Peran ASEAN Masih Sangat Penting dalam Era Global yang Sedang Krisis

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

29 - Jan - 2023, 19:22

Presiden Indonesia, Joko Widodo (foto dari internet)
Presiden Indonesia, Joko Widodo (foto dari internet)

JATIMTIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Kick Off Keketuaan ASEAN RI 2023.

Acara Kick Off ASEAN 2023 itu digelar di Bundaran HI. Pada kesempatan itu, Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia saat ini menjadi ketua ASEAN.

Peran ketua ASEAN yang dipegang Indonesia ini tengah berada dalam situasi global yang krisis. Menurut Jokowi, melewati semua hal dalam keadaan seperti ini bukanlah hal yang mudah.

"Kita telah menjalankan presidensi G20 dengan baik dan tahun ini Indonesia menjadi ketua ASEAN di tengah-tengah situasi global yang sangat tidak mudah. Krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, semuanya, perang, semuanya, sedang terjadi," ujar Jokowi dalam sambutannya, di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (29/1/2023).

Lebih lanjut, Jokowi meyakini bahwa ASEAN masih memiliki peran yang sangat penting dan juga relavan bagi rakyat maupun dunia.

Jokowi juga menyebut bahwa ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian hingga menjaga pertumbuhan ekonomi.

"Tetapi saya meyakini bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi rakyat, bagi kawasan dan bagi dunia," tuturnya.

"Bahwa ASEAN akan terus berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas di Indo-Pasifik, bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN matters epicentrum of growth," sambung Jokowi.

Hadirnya Jokowi dalam acara tersebut didampingi oleh sejumlah jajaran menteri kabinet Indonesia Maju. Mereka diantaranya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menko Polhukam Mahfud Md, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Sebelum memberikan sambutannya, Jokowi dan rombongan melakukan gowes dari Istana Negara menuju bundaran HI.

Sesampainya dikawasan Bundaran HI, Jokowi menyempatkan diri menyapa masyarakat yang hadir serta bersua foto dengan mereka. 

Setelah itu, Jokowi dan rombongan mengambil langkah untuk menuju panggung utama acara yang berada di Bundaran HI. Langkah itu lalu diikuti oleh masyarakat yang hadir di lokasi tersebut.


Topik

Pemerintahan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya