Malangtimes

Cerita Jokowi Saat Akan Putuskan RI Lockdown: Saya Semadi 3 Hari

Jan 26, 2023 11:34
Jokowi dalam acara Rakernas BKKBN di Jakarta Timur. (Foto dari internet)
Jokowi dalam acara Rakernas BKKBN di Jakarta Timur. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menceritakan momen saat dirinya mengambil keputusan mengenai lockdown. Menurut cerita Jokowi, ia sempat bersemadi tiga hari untuk memutuskan apakah Indonesia harus lockdown atau tidak untuk menekan penyebaran COVID-19 kala itu.

Cerita itu ia ungkap saat memberi arahan di Rakornas Transisi Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional 2023 yang ditayangkan di YouTube Setpres, Kamis (26/1/2023). Cerita diawali dengan pengakuan Jokowi soal saran RI lockdown dari 80% menterinya.

"Pada saat memutuskan lockdown atau tidak lockdown, rapat menteri 80 persen, 'Pak, lockdown karena semua negara memang melakukan itu'. Ndak dari DPR, ndak dari partai, semuanya lockdown," kata Jokowi.

"Tekanan-tekanan seperti itu, pada saat mengalami krisis dan kita tidak jernih, kita tergesa-gesa, bisa salah dan bisa keliru," lanjutnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan jika keputusan lockdown pada saat itu ia ambil akan menimbulkan kegaduhan dalam masyarakat. Hal itu disebabkan masyarakat yang tidak bisa mencari nafkah lantaran semuanya harus ditutup dan sementara negara sendiri tidak bisa membantu apa-apa.

"Coba saat itu misalnya kita putuskan lockdown. Hitungan saya, dalam dua atau tiga minggu, rakyat sudah nggak bisa, nggak, memiliki peluang yang kecil untuk mencari nafkah, semuanya ditutup, negara tidak bisa memberikan bantuan kepada rakyat. Apa yang terjadi? Rakyat pasti rusuh, itu yang kita hitung," tuturnya.

Jokowi kemudian mengaku melakukan semadi selama tiga hari untuk bisa memilih keputusan yang tepat. Sehingga pada saat itu, RI memilih untuk tidak lockdown.

"Sehingga kita putuskan saat itu tidak lockdown. Saya semadi tiga hari untuk memutuskan apa kita harus lockdown atau tidak. Karena memang betul-betul sangat tidak memiliki pengalaman," ujar Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru