Malangtimes

Soroti Pemberian Asupan Gizi pada Anak, Jokowi Minta Setop Pemberian Biskuit

Jan 25, 2023 12:33
Jokowi dalam acara Rakernas BKKBN di Jakarta Timur. (Foto dari internet)
Jokowi dalam acara Rakernas BKKBN di Jakarta Timur. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Hadir dalam acara Rakernas BKKBN di Jakarta Timur, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyentil kementerian dan lembaga yang memberikan biskuit kepada anak dengan alasan mencegah stunting. 

Dalam kesempatan itu, Jokowi meminta agar hal serupa tak pernah terjadi lagi.

"Jangan sampai keliru karena yang lalu-lalu saya lihat di lapangan dari kementerian/lembaga masih memberikan biskuit pada anak. Cari mudahnya, saya tahu. Lelangnya gampang," kata Jokowi di Rakernas BKKBN di Jakarta Timur, Rabu (25/1/2023).

Lebih lanjut, Jokowi menginginkan anak-anak Indonesia diberikan makanan yang bergizi seperti telur dan juga ikan. Ia pun menegaskan kembali pemberian biskuit pada anak dengan alasan mencegah stunting tidak terulang kembali.

"Kalau telur, ikan, kan gampang busuk, gampang rusak. Cari mudahnya saja. Jangan dilakukan lagi! Kalau anaknya, bayinya, harus diberi telur, ya telur, ikan, ya ikan," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menanggapi kasus ibu yang viral memberikan minum kopi saset kepada bayinya.

Jokowi mengingatkan, anak seharusnya diberi makanan yang tepat sehingga tumbuh menjadi sumber daya manusia yang unggul.

"Jangan sampai... bayi atau ibu hamil harus diberi protein, diberi ikan, diberi telur. Saya lihat kemarin yang rame bayi baru 7 bulan diberi kopi susu saset. Kopi susu saset oleh ibunya. Karena yang ada di bayangan di sini adalah susu. Gitu loh. Anaknya mau diberi susu. Hati-hati mengenai ini," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menegaskan bahwa tubuh anak belum siap diberi minuman kopi. Oleh karena itu, ia menekankan pemberian edukasi bagi masyarakat mengenai makanan bagi anak sangat diperlukan.

"Oleh sebab itu, sekali lagi yang namanya penyuluhan, penyuluhan, penyuluhan penting. karena kata ibunya bermanfaat, bermanfaat, kopi susu saset ini karena ada susunya. Hati-hati," ujar Jokowi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru