Malangtimes

66 Persen Populasi Dunia Gunakan Internet, Berapa Orang Banyaknya?

Jan 24, 2023 23:32
Ilustrasi pengguna internet. (pixabay)
Ilustrasi pengguna internet. (pixabay)

JATIMTIMES - Internet sudah menjadi bagian kehidupan manusia yang sulit untuk dipisahkan. Nyaris semua masyarakat di dunia mengenal dan memakai internet dalam berbagai aktivitasnya. Mulai dari untuk hiburan, komunikasi, bekerja dan hal lainnya selalu menggunakan internet. 

Lantas, jika dihitung, berapa ya pengguna internet diseluruh dunia?  Dilansir dari dataindonesiadotid, International Telecommunication Union mencatat data pengguna internet tahun 2022. Disebutkan bahwa 66 persen populasi di dunia telah menggunakan internet. Dari data, 66 persen populasi itu jumlahnya adalah 5,3 miliar orang. 

"Jumlah pengguna internet dunia mengalami kenaikan 8,16 persen dibandingkan setahun sebelumnya," kutip dari dataindonesiadotid.

Sementara itu, pada 2021, jumlah pengguna internet lebih  kecil. Dari data International Telecommunication Union, tercatat hanya 4,9 miliar orang.  

Dari sini terlihat bahwa tren penggunaan internet terus meningkat setiap tahun. Ini terbukti dari grafik pengguna yang terus meningkat sejak 2019.

"Pertumbuhan pengguna internet tertinggi mencapai 13,51% pada 2019," kutip dari laman dataindonesiadotid.

Sementara itu, dari data atau laporan Global Web Index, masyarakat menghabiskan waktu setiap hari untuk akses internet 403 menit atau sama dengan 6 jam 43 menit pada 2022.

Lama akses pengguna pada 2022 ini, justru mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun 2021, masyarakat melakukan akses internet dengan durasi 416 menit atau 6 jam 56 menit. Lebih lama 13 menit daripada tahun 2022.

Penurunan juga terjadi pada tahun 2019, saat pandemi covid-19 sangat menjadi momok. Pada tahun itu, durasi akses pengguna internet hanya 401 menit atau 6 jam 41 menit setiap hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru