Malangtimes

KPU Kota Malang Lantik 171 Orang PPS, Kuota Perempuan Lebih dari 30 Persen

Jan 24, 2023 20:29
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Aminah Asminingtyas saat membacakan Surat Keputusan pelantikan 171 orang Petugas Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 di Savana Hotel and Convention, Selasa (24/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Aminah Asminingtyas saat membacakan Surat Keputusan pelantikan 171 orang Petugas Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 di Savana Hotel and Convention, Selasa (24/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang  melantik 171 orang sebagai Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) di 57 kelurahan yang ada di Kota Malang dengan keterwakilan perempuan 30 persen terlampaui. 

Ketua KPU Kota Malang Aminah Asminingtyas menyampaikan, bahwa sebanyak 171 orang PPS tersebar di 57 kelurahan di Kota Malang. Di mana masing-masing kelurahan berisi tiga orang anggota PPS dan aktif bekerja mulai tanggal 24 Januari 2022 sampai 4 April 2024. 

"Dari 171 orang PPS, ada 117 orang yang laki-laki dan 54 orang perempuan. Kuota perempuan insya allaah sudah terlampaui, sekitar 31,5 persen dari jumlah 171 PPS," ungkap Aminah kepada JatimTIMES.com, Selasa (24/1/2023). 

Mantan Aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) ini menuturkan, bahwa PPS merupakan garda terdepan dalam proses penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang. Terlebih lagi, dalam Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022 disebutkan bahwa PPS memiliki beberapa tugas dan wewenang. 

Di antaranya mengumumkan daftar pemilih sementara, mengumumkan daftar pemilih tetap yang dilaporkan kepada KPU Kabupaten/Kota melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), melaksanakan sosialisasi penyelenggaraan Pemilu 2024 kepada masyarakat, mengumpulkan hasil penghitungan suara dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah kerja PPS, membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), hingga mengangkat Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). 

"PPS merupakan garda terdepan yang mengoordinir KPPS dan KPPS merupakan ujung tombak pemungutan suara," ujar Aminah. 

Pelantikan.

Nantinya, sebanyak 171 orang PPS di 57 kelurahan di Kota Malang akan mengoordinir 18.116 orang KPPS. Pasalnya, jumlah TPS di Kota Malang pada Pemilu 2024 mendatang sebanyak 2.588 TPS dan untuk anggota KPPS terdiri dari tujuh orang di masing-masing TPS. 

"TPS ini sebagai acuan bersamaan dengan Petugas Pemutkahiran Data Pemilih (Pantarlih) yang dimulai Bulan Februari, pendaftaran di tanggal 26 Januari. Jumlah pantarlih sesuai dengan TPS yang ada, yakni 2.588 orang," jelas Aminah. 

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan, setelah resmi dilantik, 171 orang PPS segera bekerja untuk membentuk sekretariat PPS di 57 kelurahan untuk membantu tugas dan kewajiban PPS. 

"Jadi ASN (Aparatur Sipil Negara) yang di kelurahan itu nanti akan membantu fasilitasi penyelenggara teman-teman yang ada di PPS," tutur Aminah. 

Sementara itu, pihaknya berharap dengan dilantiknya 171 orang sebagai PPS di 57 kelurahan Kota Malang, dapat bekerja secara maksimal dan dapat memberikan motivasi kepada KPPS untuk menyelenggarakan Pemilu 2024 sesuai dengan peraturan perundang-undangan. 

"PPS posisinya vital, kami harapkan harus mampu untuk mendorong dan memotivasi KPPS. Lalu sesegera mungkin beradaptasi dengan kultur kerja kepemiluan yang integritasnya dibutuhkan 24 jam," tandas Aminah. 

Sebagai informasi, para petugas penyelenggara Pemilu 2024 memiliki gaji yang berbeda. Untuk Ketua PPK mendapatkan gaji sebesar Rp 2,5 juta per bulan dan anggota PPK sebesar Rp 2,3 juta per bulan dengan masa kerja 15 bulan.

Kemudian untuk Ketua PPS mendapatkan gaji sebesar Rp 1,5 juta per bulan dan anggota PPS sebesar Rp 1,3 juta per bulan dengan masa kerja 15 bulan. Selanjutnya untuk Ketua KPPS mendapat gaji sebesar Rp 1,2 juta, dan anggota KPPS sebesar Rp 1,1 juta. Sedangkan untuk Pantarlih mendapat gaji Rp 1 juta. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru