Pemkot Malang Terima DAK Rp 101 M

Jan 21, 2016 11:11
ilustrasi Dana Alokasi (Foto: kapurnews.com)
ilustrasi Dana Alokasi (Foto: kapurnews.com)

MALANGTIMES - Kota Malang menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 101 miliar dari pemerintah pusat. Jumlah ini lebih besar dari penerimaan tahun sebelumnya yang hanya sebesar Rp 30 miliar.

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kota Malang (BPKAD), Sapto Prapto Santoso mengatakan kenaikan DAK yang melonjak drastis dikarenakan pemerintah pusat ingin melakukan percepatan pembangunan infrastruktur.

Baca Juga : Kota Malang Terima Penghargaan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2016

"DAK nya naik karena pemerintah pusat ingin mempercepat pembangunan infrastruktur di daerah-daerah," ujarnya, Kamis (21/1 /2016).

Alokasi DAK terbesar akan dialokasikan untuk pembenahan jalan dari Dinas PU sebesar Rp 40 miliar, kemudian untuk kesehatan sebesar Rp 1,3 miliar, dan dana untuk pendidikan sebesar Rp 1,1 miliar.

Sapto menambahkan beberapa SKPD telah mencairkan DAK tahun 2016 ini. Pencairan DAK sesuai dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing SKPD.

Baca Juga : Pemkot Malang Siapkan Anggaran Rp 2 M untuk Pembangunan Pondok Sosial

"Dalam setahun bisa sampai empat kali pencairan atau lebih karena kemungkinan ada tambahan DAK di Perubahan Anggaran Keuangan (PAK), " tutupnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru