Malangtimes

Bisa Jadi Referensi Seleksi Prestasi Nasional, UIN Malang Nomor 3 PTKIN Terbaik di Indonesia

Jan 24, 2023 17:35
Calon mahasiswa mengikuti SPAN PTKIN. (pixabay)
Calon mahasiswa mengikuti SPAN PTKIN. (pixabay)

JATIMTIMES - Memilih perguruan tinggi tentunya tak bisa sembarangan. Sebab, perguruan tinggi yang berkualitas juga menjadi salah satu faktor yang menjadikan mahasiswa unggul dan memiliki kompetensi yang mumpuni. 

Terkait pemilihan perguruan tinggi, khususnya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), referensi dari UniRank ini tampaknya dapat menjadi salah satu informasi yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih PTKIN terbaik.  Terlebih lagi, saat ini Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) 2023 telah dibuka. 

UniRank setiap tahun mengeluarkan pemeringkatan perguruan tinggi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Berdasarkan peringkat UniRank 2022, terdapat 10 PTKIN terbaik di Indonesia. Salah satunya ada di Kota Malang.

 Ya kampus tersebut adalah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang.  UIN Maliki berada pada posisi ketiga terbaik di antara PTKIN di Indonesia. Dan, UIN Maliki Malang secara nasional berada di peringkat 40 nasional. 

Capaian UIN Maliki Malang ini begitu baik. Sebab, UIN Maliki dapat mengalahkan kampus-kampus lainnya, baik perguruan tinggi negeri, swasta maupun PTKIN lainnya.

Bahkan, UIN Maliki  dapat mengungguli Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yang dulunya merupakan perguruan tinggi yang menjadi induk dari kampus berlogo Ulul Albab tersebut.

Sementara itu, pada posisi pertama PTKIN terbaik di Indonesia ada Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan peringkat secara nasional berada posisi di 25. Dan pada posisi kedua PTKIN terbaik adalah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Secara nasional, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung berada di peringkat 30. 

Berikut ini daftar 10 PTKIN terbaik di Indonesia yang dapat menjadi referensi untuk calon mahasiswa memilih PTKIN terbaik.

1. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Peringkat nasional: 25
2. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Peringkat nasional: 30
3. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang
Peringkat nasional: 40
4. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Peringkat nasional: 42
5. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Peringkat nasional: 46
6. Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
Peringkat nasional: 55
7. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Peringkat nasional: 69
8. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Peringkat nasional: 91
9. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Peringkat nasional: 93
10. Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Peringkat nasional: 101

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru