Malangtimes

Polisi Ungkap Motif Pelaku Penembakan Massal di California

Jan 24, 2023 11:44
Penampakan sosok pelaku penembakan massal di California, Huu Can Tran. (Foto dari internet)
Penampakan sosok pelaku penembakan massal di California, Huu Can Tran. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Kepolisian Los Angeles mengungkap motif penembakan pelaku di California, Amerika Serikat, pada akhir pekan lalu.

Pelaku yang merupakan seorang lansia itu diduga iri karena tak diundang ke pesta dansa perayaan Imlek.

Kepolisian Los Angeles mengakui mereka sedang menyelidiki kemungkinan pelaku bernama Huu Can Tran itu melancarkan aksinya di Monterey Park karena alasan kecemburuan atau masalah pribadi.

Berdasarkan pendapat seorang warga Monterey Park, Chester Hong, Tran melakukan penembakan karena masalah undangan ke pesta dansa untuk merayakan Imlek.

"Istrinya diundang ke pesta itu, tapi suaminya [pelaku] tak bisa diundang. Suaminya mungkin kesal dan cemburu," ujar Hong, kepada AFP dikutip dari CNN Indonesia, Selasa (24/1/2023).

Tran dan mantan istrinya memang dikenal sebagai pelanggan di studio dansa Monterey Park.

Mantan istri yang enggan diungkap identitasnya mengatakan kepada CNN bahwa ia sudah bercerai dengan terduga pelaku.

Ia bertemu dengan Tran sekitar dua dekade lalu dan menikah tak lama setelah itu. Namun, pernikahan mereka hanya seumur jagung. Perceraian mereka kemudian disahkan pada 2006.

Menurut mantan istrinya itu, Tran sebenarnya tak suka melakukan kekerasan. Meski demikian, Tran memang tak sabar, misalnya jika ia salah melangkah saat berdansa. 

Sementara, menurut pria lain yang mengenal Tran mengatakan, Tran seringkali mengeluhkan soal pelatih dansa di Monterey Park.

Tran yang merupakan pelaku berusia 72 tahun itu melancarkan aksinya di Star Ballroom Dance Studio dan menewaskan setidaknya 11 orang.

Ia kemudian tancap gas ke studio dansa lainnya, Lai Lai Ballroom & Studio. Namun, seorang warga menggagalkan aksi Tran.

Polisi tak bisa melakukan interogasi langsung pada Tran karena ia sudah mengakhiri hidupnya. Polisi menemukan Tran sudah tak bernyawa di dalam satu mobil putih di Torrance, beberapa kilometer dari lokasi penembakan di Monterey Park.

Sebelumnya, petugas mendengar suara tembakan dari dalam mobil ketika polisi mendekat. Tran kemudian menembak dirinya sendiri karena panik saat polisi mengepung mobilnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru