Malangtimes

Diskopindag Kota Malang Kuatkan Pasar Kampung Berbasis Wilayah Kelurahan untuk Geliatkan UMKM

Jan 23, 2023 16:52
Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang Eko Sri Yuliadi saat ditemui di Savana Hotel and Convention, Rabu (18/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang Eko Sri Yuliadi saat ditemui di Savana Hotel and Convention, Rabu (18/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang terus melakukan penguatan terhadap para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berbasis di wilayah kelurahan dengan kegiatan Pasar Kampung.

Kepala Diskopindag Kota Malang Eko Sri Yuliadi menyampaikan,  kegiatan Pasar Kampung merupakan inisiasi dari masing-masing RT/RW di 57 kelurahan yang didukung penuh oleh Diskopindag Kota Malang.

"Kami akan ke kelurahan-kelurahan dan ke RW-RW, barangkali ada yang berinisiatif untuk membuat Pasar Kampung nanti akan kita support," ungkap Eko kepada JatimTIMES.com.

Mantan sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang ini menuturkan bahwa bentuk dukungan penuh yang diberikan oleh Diskopindag Kota Malang di antaranya  pemindahan tenda untuk tenant serta coaching clinic untuk memaksimalkan potensi UMKM.

Terlebih lagi, kegiatan Pasar Kampung juga  bentuk tindak lanjut  pembagian tenda untuk tenant-tenant UMKM yang dilakukan Diskopindag Kota Malang pada akhir tahun 2022 lalu. Jika ada UMKM yang belum terfasilitasi pembagian tenda tersebut, Diskopindag akan meminjamkan tenda tenant UMKM.

"Selain itu, kami lakukan pembinaan dan membantu branding desain kemasan para UMKM. Tentunya ini untuk menghidupkan perekonomian, khususnya agar ekonomi mikro dan UMKM yang berada di setiap kelurahan Kota Malang berjalan," jelas Eko.

Pelaksanaan Pasar Kampung ini didorong untuk diadakan di setiap wilayah RT/RW di 57 kelurahan di Kota Malang dan akan berlangsung setiap akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu.

Seiring berjalannya waktu, kegiatan Pasar Kampung setiap akhir pekan telah berlangsung di beberapa wilayah. "Kemarin itu ada di Gadingkasri. Ada lagi di Bareng, Kasin, Dinoyo dan teman-teman lain juga ada," kata Eko.

Lebih lanjut, untuk menarik pengunjung ke Pasar Kampung, Diskopindag juga akan menghadirkan hiburan masyarakat. Ke depan, pihaknya berencana menggandeng pihak swasta untuk mendukung kegiatan Pasar Kampung.

"Mungkin ada kolaborasi dengan pihak swasta, biar sama-sama berpartisipasi. Karena kalau kita ingin menggerakkan UMKM, minimal harus ada tempat kesenian, hiburan anak, sehingga ada daya tarik," terang Eko.

Sementara itu,  adanya kegiatan Pasar Kampung ini diharapkan dapat menggeliatkan dan mengembangkan para pelaku UMKM di seluruh wilayah di 57 kelurahan. Sehingga para pelaku UMKM dapat terus terpacu untuk naik kelas dalam hal jenis usaha yang dijual.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru