Malangtimes

Ranperda Kota Layak Anak Dibahas, Dinsos-P3AP2KB Berharap Kota Malang Naik KLA Utama

Jan 23, 2023 12:10
Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Penny Indriani saat ditemui di sela-sela kegiatan Forum Konsultasi Publik RPD Kota Malang 2024-2026 dan RKPD Kota Malang 2024 di Savana Hotel and Convention, Rabu (18/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)
Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Penny Indriani saat ditemui di sela-sela kegiatan Forum Konsultasi Publik RPD Kota Malang 2024-2026 dan RKPD Kota Malang 2024 di Savana Hotel and Convention, Rabu (18/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/ JatimTIMES)

JATIMTIMES - Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Malang tentang Kota Layak Anak (KLA) saat ini tengah dilakukan percepatan pembahasan oleh jajaran anggota DPRD Kota Malang. Ditargetkan, pada awal Bulan Maret 2023 mendatang, Ranperda Kota Malang tentang KLA ini sudah disahkan menjadi Perda.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang Penny Indriani menyampaikan, bahwa dalam kondisi tersebut, akan dapat membantu mempermudah Kota Malang mendapatkan predikat KLA Utama.

Pasalnya, susunan Naskah Akademik (NA) Ranperda Kota Malang tentang KLA telah dibuat pada tahun 2019 dan kemudian mengantre di Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Malang.

Seiring berjalannya waktu, akhirnya pada Maret 2022 draf Ranperda Kota tentang KLA disampaikan ke DPRD Kota Malang untuk dibahas lebih lanjut. Dikarenakan banyak Ranperda yang dibahas pada tahun 2022 oleh DPRD Kota Malang, akhirnya untuk Ranperda Kota Malang tentang KLA dibahas pada awal tahun 2023.

Pihaknya menyampaikan, saat ini Kota Malang masih berstatus KLA dengan predikat Nindya. Terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi agar dapat naik tingkat menjadi KLA dengan predikat Utama. Yakni daerah tersebut harus memiliki Perda tentang Kota Layak Anak dan UPT Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

"Mudah-mudahan (Ranperda Kota Malang tentang Kota Layak Anak) tahun ini (2023) selesai dan disahkan menjadi Perda, agar anak-anak haknya terlindungi dan terpenuhi, serta mereka juga nyaman," ungkap Penny kepada JatimTIMES.com.

Lebih lanjut, terkait dengan pembentukan UPT PPA yang berada di bawah naungan Dinsos-P3AP2KB Kota Malang, Penny menyebut bahwa saat ini sedang berproses untuk pembentukan UPT PPA.

"Saat ini sudah acc dari provinsi dan selanjutnya bagian organisasi tinggal mengusulkan ke Pak Wali, nanti diterbitkan Perwal," kata Penny.

Untuk penempatan UPT PPA Dinsos-P3AP2KB Kota Malang terdapat dua pilihan tempat. Yakni di Kantor Dinsos-P3AP2KB Kota Malang yang berada di Jalan Raya Ki Ageng Gribig atau di Eks Kantor Dinas Sosial Kota Malang yang berada di Jalan Raya Sulfat.

"Makanya nanti ketika di Bulan Juli, karena penilaiannya di Bulan Mei sudah lengkap, ada Perda, ada UPT PPA, harapannya bisa naik ke KLA Utama. Itu keinginan saya, doain saja," pungkas Penny.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru