Malangtimes

Hati-hati, 3 Perkara Ini Dapat Menyeret Wanita ke Neraka 

Jan 23, 2023 08:37
Ilustrasi neraka jahanam (pixabay)
Ilustrasi neraka jahanam (pixabay)

JATIMTIMES - Neraka kebanyakan penghuninya adalah wanita. Seorang muslim wanita tentunya terdapat banyak batasannya. Sehingga, ketika terdapat beberapa pelanggaran, maka hal tersebut akan menyeret mereka ke neraka.

Dalam hadits riwayat Bukhari dan Muslim, "Aku melihat ke dalam surga maka aku melihat kebanyakan penghuninya adalah fuqara’ (orang-orang fakir) dan aku melihat ke dalam Neraka maka aku menyaksikan kebanyakan penghuninya adalah wanita".

Banyak hal yang menyebabkan para wanita lebih banyak menghuni neraka. Namun, dengan tiga hal saja sudah dapat mendekatkan wanita ke siksa pedih di neraka. Lantas apa saja itu? Simak informasinya yang diolah dari IslamPos.

Pertama, adalah wanita kufur terhadap suami dan kebaikan-kebaikannya. Hal ini telah dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadist, selain itu terdapat banyak petunjuk dalam Al-Qur'an tentang bagaimana menjadi seorang istri.

Hadist riwayat Imam Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “dan aku melihat Neraka maka tidak pernah aku melihat pemandangan seperti ini sama sekali, aku melihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita,”. 

Para sahabat pun bertanya : “Mengapa (demikian) wahai Rasulullah?” 

Baginda shallallohu Alaihi Wasallam menjawab : “karena kekufuran mereka.” 

Kemudian ditanya lagi : “Apakah mereka kufur kepada Allah?” 

Baginda menjawab : “Mereka kufur terhadap suami-suami mereka, kufur terhadap kebaikan-kebaikannya. Kalaulah engkau berbuat baik kepada salah seorang di antara mereka selama waktu yang panjang kemudian dia melihat sesuatu pada dirimu (yang tidak dia sukai) nescaya dia akan berkata : ‘Aku tidak pernah melihat sedikitpun kebaikan pada dirimu'".

Kedua, perkara yang dapat menyeret wanita ke neraka adalah durhaka pada suami. Di kehidupan sehari-hari hal ini banyak dijumpai. Dan umumnya para wanita ini durhaka pada suami dalam tiga bentuk. Mereka kerap kali durhaka dengan ucapan, durhaka dengan perbuatan, durhaka dengan ucapan dan perbuatan. Hal inilah yang banyak ditemui dalam kehidupan.

Kemudian yang ketiga adalah Tabarruj. Tabarruj adalah seorang wanita yang menampakkan perhiasannya dan keindahan tubuhnya kepada laki-laki yang bukan mahramnya. Bahkan, tak tanggung-tanggung, mereka tak malu menunjukkan dengan sengaja. Hal ini juga kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Banyak kaum wanita bersuami tidak menjaga auratnya, padahal wajib ditutupnya dari pandangan lelaki bukan mahramnya.

Ibnu Abdul Bari rahimahu‘lah menguraikan sabda Rasulullah SAW. "Wanita-wanita yang dimaksudkan Rasulullah shallallohu Alaihi Wasallam adalah yang memakai pakaian yang tipis yang menampakkan tubuhnya ataupun yang menunjukkan bentuk tubuhnya dan tidak menutupinya, maka mereka adalah wanita-wanita yang berpakaian pada zahirnya dan telanjang pada hakikatnya".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru