Malangtimes

Inilah Ciri-ciri Desa yang Didirikan Laskar Pangeran Diponegoro

Jan 23, 2023 08:08
Ustad Salim A.Fillah. (foto dari video ceramah beliau)
Ustad Salim A.Fillah. (foto dari video ceramah beliau)

JATIMTIMES - Seorang penulis sejarawan Ustad Salim A.Fillah mengungkap ciri-ciri desa yang dibangun oleh para pendakwah yang berasal dari para prajurit Diponegoro.

Desa-desa itu dibangun oleh para santri yang ikut Pangeran Diponegoro. Mereka kemudian menyebar di seluruh Indonesia dan membangun desa-desa baru.

Ceramah Ustad Salim

Dalam ceramahnya, ia mengatakan ada beberapa desa yang memang dibangun oleh para mantan prajurit Diponegoro itu. Desa-desa itu terletak di Gedu, Bagelan, Banyumas, Magetan, Ponorogo hingga daerah-daerah di ujung timur.

Ustad Salim mengatakan, desa-desa itu memiliki nilai-nilai keraton yang tertuang di dalamnya. Menurut Ustdad Salim, masyarakat yang tinggal di desa yang disebutkan di atas sangat bangga terhadap para pendiri desanya yang merupakan mantan prajurit Diponegoro.

Salah satu ciri yang disebutkan oleh Ustad Salim mengenai ciri rumah titisan kerajaan Diponegoro adalah terdapat pohon sawo di depan rumah tersebut. Apalagi jika pohon tersebut telah berbentuk besar dan berumur tua, Ustad Salim mengatakan bahwa itu adalah titisan Kerajaan Diponegoro.

“sebagai tanda, para laskar ini sepakat untuk menanam pohon sawo di depan rumahnya,” kata Ustadz Salim A Fillah.

“Pertanda ini juga bisa dilihat di depan rumah, jika ada pohon sawo yang berusia tua dan lama kemungkinan anda termasuk dari keturunan laskar Diponegoro,” tambah Ustadz Salim A Fillah.

Ciri selanjutnya ada Pohon Kemuning. Ustad Salim lalu mengungkap alasan di balik ciri terdapatnya pohon Kemuning yang menandakan rumah tersebut sebagai rumah titisan Diponegoro. Menurut Ustad Salim, Kemuning berarti nemu kening atau memberi keheningan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru