Malangtimes

Aktivitas Charis Yulianto Pasca Liga 2 Dihentikan

Jan 22, 2023 18:41
Asisten pelatih Persela Lamongan, Charis Yulianto (foto: Instagram @charis_yulianto4)
Asisten pelatih Persela Lamongan, Charis Yulianto (foto: Instagram @charis_yulianto4)

JATIMTIMES - Legenda pemain Timnas Indonesia yang saat ini menjadi asisten pelatih Persela Lamongan Charis Yulianto (44) saat ini lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Hal itu seiring Liga 2 dan Liga 3 yang dihentikan oleh PSSI.

Sebenarnya menurut Charis, kompetisi dapat dilanjutkan karena sangat berpengaruh terhadap pengembangan sepak bola Indonesia. Dengan kondisi saat ini, para pemain dan jajaran pelatih tidak ada aktivitas di klub atau libur sementara waktu. 

Menurutnya, jika situasi itu berkepanjangan dinilai tidak baik untuk kondisi persepakbolaan Indonesia. Apalagi, dalam kompetisi Liga 2 terdapat pemain-pemain muda yang potensial.

“Ini kan cukup disayangkan, kita kan banyak pemain dengan talenta muda yang membutuhkan kompetisi cukup bagus,” kata Charis.

Saat ini, Charis menyoroti terkait kebijakan Liga 1 yang digelar tanpa degradasi. Hal itu dianggapnya hal lucu dan menjadikan mundurnya kompetisi sepak bola di Indonesia.

“Tentu ini tidak bagus juga untuk kompetisi di Indonesia. Apalagi Liga 1 tanpa degradasi, tentunya sangat merugikan. Semakin mundur kompetisi kita kalau tidak lanjut kembali. Semua ini efeknya nanti juga ke timnas,” ungkap Charis.

Jika situasi itu terjadi terus-menerus, Charis memperkirakan akan ada imbas terhadap Timnas Indonesia. Sebab, bagus atau tidaknya kualitas permainan timnas juga dipengaruhi oleh jalannya kompetisi sepak bola yang ada.

“Timnas yang kuat terbentuk dari kompetisi yang bagus, dengan catatan kompetisi berjenjang, Liga 1, Liga 2, Liga 3, ada Piala Soeratin juga, itu perlu diperhatikan juga yang kasta-kasta terbawah juga,” imbuh Charis.

Sejauh ini, legenda Arema itu juga masih menunggu keputusan manajemen Persela Lamongan untuk selanjutnya. Namun, komunikasi antara pihak manajemen dengan para pemain dan jajaran pelatih masih terus terjalin. Charis juga mengungkapkan, pintu masih terbuka untuk kejelasan kelanjutan kompetisi Liga 2.

“Ada beberapa tim juga yang sudah bertemu dengan Menpora ya tentunya menjadi angin segar bagi Liga 2. Liga 2 diharapkan tetap bisa dilanjut gitu,” ujar pria yang semasa menjadi pemain akrab dengan nomor punggung 4 itu.

Sejauh ini Charis mengaku lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Namun, ia juga membuka private training bagi anak. “Ya saya ada kerjaan juga, sambil membantu-bantu ada beberapa anak-anak kecil yang mau latihan. Bukan SSB, semacam private training,” tutup Charis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru