Malangtimes

Fenomena Ngemis di Tiktok Kian Disorot, Ini Penyebabnya

Jan 21, 2023 20:21
live tiktok yang menginginkan gift
live tiktok yang menginginkan gift

JATIMTIMES - Fenomena 'mengemis online' dengan cara live di TikTok sedang ramai menjadi pembahasan warganet. Hal itu karena sejumlah orang yang mengaku kreator melakukan siaran langsung atau live di TikTok dengan melakukan kegiatan ekstrem atau tak wajar.

Mereka memanfaatkan fitur 'gift' yang ada di TikTok dan berharap bisa mendapatkan gift dengan jumlah banyak dari penonton dan kemudian menukarnya dengan uang. 

Sebenarnya fitur live di TikTok ini ditujukan untuk para kreator, seleb, dan influencer agar bisa berinteraksi dengan followernya dan sawer ini bertujuan agar mendapatkan timbal balik bagi para penonton. Saweran saat live juga ada di Youtube dan mereka yang melakukan streaming kebanyakan adalah Youtuber gaming. Fitur saweran semacam ini sudah diprediksi akan menjadi ajang mengemis.

Over populasi menjadi pemicu utama adanya hal tersebut. Sebab, saat ini lapangan pekerjaan semakin menyempit dan masih banyak pengangguran, jadilah salah satu cara untuk bertahan di kala ekonomi semakin babak belur adalah mengemis di TikTok. Ini adalah cara yang paling mudah mendapatkan uang secara instan tanpa perlu mencari kerja.

Fenomena ini menjadi pembicaraan warganet di media sosial Twitter juga, di mana sejumlah warganet menyoroti adanya orang tua yang dimanfaatkan untuk melakukan aksi meminta-minta tersebut.

Terkait fenomena 'mengemis online' di TikTok, Sosiolog dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Drajat Tri Kartono menyebut pemicunya bisa dua hal. 

Ramainya fenomena ini menurut Drajat karena pelaku mengetahui bahwa orang Indonesia memiliki kedermawanan sosial yang tinggi.

"Kedermawanan orang Indonesia nomor satu di dunia. Artinya orang Indonesia bisa dipengaruhi untuk berbelaskasihan, memberi ini-itu," tutupnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru