Malangtimes

Efektifkan Kinerja, Dinas PU Sumber Daya Air Kabupaten Malang akan Buat Command Center

Jan 21, 2023 19:21
Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Kabupaten Malang Khairul Isnaidi Kusuma. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).
Kepala Dinas PU Sumber Daya Air Kabupaten Malang Khairul Isnaidi Kusuma. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

JATIMTIMES - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Sumber Daya Air Kabupaten Malang berencana untuk membangun sebuah command center pada tahun 2023 ini. Command center tersebut rencananya dimaksudkan untuk mengefisiensikan kinerja seluruh staf dan pegawai. 

Sebab, Kepala Dina PU Sumber Daya Air Kabupaten Malang Khairul Isnaidi Kusuma mengatakan, melalui command center tersebut semua data yang berkaitan di wilayah kerjanya akan diinventarisir. Terutama yang ada di 7 kantor unit pelaksana teknis (UPT). 

"Data itu dari UPT saja memasukkannya. Nanti akan bisa terintegrasi dengan yang ada di Kantor Dinas PU Sumber Daya Air di Kepanjen. Jadi tidak perlu lagi ada petugas yang mondar mandir antar kantor. Harapannya kerja jadi lebih efisien," jelas Khairul.

Saat ini dari 7 UPT yang dimiliki Dinas PU Sumber Daya Air, baru ada satu command center yang sudah aktif beroperasi. Yakni di UPT Ngajum. Sementara pada tahun 2023 ini, rencananya akan ada 3 UPT lagi yang akan dibangun Command Center. 

Ketiga UPT tersebut yakni di UPT Kepanjen, Gondanglegi dan Turen. Khairul mengatakan, ada beberapa alasan mengapa 3 UPT tersebut yang menjadi prioritas untuk diaktifkan Command Center. 

"Kalau Kepanjen karena memang Ibukota Kabupaten Malang, jadi semua kebijakan pemerintah pusat dan propinsi kan juga banyak yang di sana. Selain memang kinerjanya juga bagus. Lalu alasan yang terpenting, karena di selatan Kepanjen dan sekitarnya ini paling sering terjadi bencana," terangnya. 

Ia mengatakan, Command Center ini akan dimaksimalkan fungsinya untuk internal di lingkungan Dinas PU Sumber Daya Air. Terutama untuk menyampaikan informasi dari kantor UPT ke kantor pusat. Seperti informasi aset dan pencegahan terhadap potensi bencana. 

"Misalnya kita bisa meminta report langsung ke juru air. Memantau ketinggian air di pintu air. Itu salah satunya. Itu sebagai awal di internal dulu, ke depan akan kami integrasikan dengan Command Center Pemkab Malang di Lantai 9 (Kantor Bupati di Kepanjen)," pungkasnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru