Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Jokowi Sebut Februari Nanti, Turis China Bakal Ramai-Ramai Kunjungi Manado

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Nurlayla Ratri

20 - Jan - 2023, 14:46

Presiden Jokowi melalukan kunjungan kerja ke Pasar Rakyat Pinasungkulan, Karombasan, Kota Manado (foto: Sekretariat Kabinet)
Presiden Jokowi melalukan kunjungan kerja ke Pasar Rakyat Pinasungkulan, Karombasan, Kota Manado (foto: Sekretariat Kabinet)

JATIMTIMES - Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa pemerintah telah membuka pintu pariwisata bagi turis asing, termasuk China. Prediksi Jokowi, banyak turis China yang bakal berkunjung ke Manado pada bulan depan atau Februari 2023. 

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulawesi Utara. Dalam pernyataannya, Jokowi juga berharap turis asing bisa beramai-ramai datang ke Manado. 

"Kita harapkan turis mancanegara bisa kembali lagi ramai dan masuk ke Manado, ke Sulut, khususnya juga di Bunaken," kata Jokowi, dilansir Detikcom pada Jumat (20/1/2023).

Lebih lanjut Jokowi menyebut homestay atau penginapan untuk turis sudah disiapkan di kawasan wisata Bunaken.

"Ini kita telah perbaiki paling tidak untuk muka-nya sudah kelihatan, homestay untuk turis juga sudah disiapkan. Ada 50 rumah yang telah dibangun pemerintah untuk masyarakat," ujar Jokowi. 

Menurut Jokowi, wisata Bunaken dan Likupang telah siap untuk dikunjungi oleh wisatawan asing. 

"Kawasan (Likupang) itu ingin kita perbaikin infrastrukturnya. Kawasan ekonomi khusus untuk pariwisata juga kita berikan perhatian. Sehingga, Manado Sulut betul-betul jadi sebuah tujuan wisata prioritas, utamanya memang di sini memang turis dari China," tutur Jokowi.

Presiden Jokowi melanjutkan rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat (20/1/2023). Jokowi diagendakan untuk mengunjungi Kawasan Wisata Bunaken.

Meski begitu, Jokowi mengimbau agar masyarakat tetap menaati protokol kesehatan. Namun Dia meminta agar masyarakat tak khawatir dengan kedatangan turis asing dari China. Sebab sebelum keluar negeri, pemerintah China pun juga telah menerapkan pengecekan ketat. 

"Kita terbuka untuk turis manapun. Tapi yang paling banyak kita lihat dari China, dari Tiongkok. Jadi yang paling penting adalah protokol kesehatan. Tapi saya lihat di Tiongkok sendiri, saya lihat yang mau keluar sudah dicek semuanya oleh negara mereka, jadi kita tidak perlu khawatir," ungkap Jokowi. 


Topik

Peristiwa


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Nurlayla Ratri