Malangtimes

Wali Kota Malang Sutiaji Sambang Kawasan Kayutangan, Respons Cepat Keluhan Warga

Jan 20, 2023 14:30
Wali Kota Malang Sutiaji ketika merespons cepat keluhan warga di wilayah Kecamatan Klojen bertempat di Balai RW IX Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat (20/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Wali Kota Malang Sutiaji ketika merespons cepat keluhan warga di wilayah Kecamatan Klojen bertempat di Balai RW IX Kelurahan Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jumat (20/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Malang Sutiaji melakukan kegiatan rutin setiap Jumat pagi yakni sambang warga. Kali ini, giliran warga Kelurahan Kauman dan Kelurahan Bareng, Kecamatan Klojen, Kota Malang yang menjadi sasaran kunjungan Sutiaji bersama para kepala perangkat daerah.

Dalam kegiatan sambang warga di wilayah Kecamatan Klojen yang merupakan kegiatan ketiga kalinya, orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang ini mengunjungi secara door to door ke rumah-rumah warga dengan memberikan bantuan sosial.

Wali Kota Malang Sutiaji.

Setidaknya terdapat delapan titik rumah yang disambangi dan diberikan bantuan oleh Sutiaji. Yakni empat berada di wilayah Kelurahan Bareng dan empat lagi di wilayah Kelurahan Kauman. Mulai dari Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ), masyarakat lanjut usia (lansia), penyandang disabilitas, anak stunting hingga warga dengan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

"Dari tiga putaran yang sudah dilakukan, rata-rata kami menilai cukup baik. Jadi respon dari masyarakat baik terus kita juga eksekusinya baik, dan harus ada penambahan penguatan yang lain," ungkap Sutiaji kepada JatimTIMES.com, Jumat (20/1/2023).

Alumnus UIN Maliki Malang (dulunya IAIN Malang) ini mengatakan, dalam kegiatan rutin sambang warga, Sutiaji juga menggelar dialog langsung dengan warga terkait keluhan yang dirasakan.

"Masalahnya masih seputar masalah sosial, ekonomi, infrastruktur, dan kesehatan. Sambil kami ingin menyasar bahwa kegiatan yang kami lakukan ini bukan hanya urusan sektoral," jelas Sutiaji.

Wali Kota Malang Sutiaji.

Dengan adanya keluhan dari masyarakat ini, Sutiaji langsung menginstruksikan kepada masing-masing perangkat daerah untuk melakukan penanganan dan eksekusi terhadap keluhan warga tersebut.

"Contoh masalah lingkungan hidup sampah, oh mana yang menjadi irisannya Dinas PUPRPKP mana yang menjadi irisannya Dinas LH masalah persampahan dan sebagainya, termasuk juga masalah pendidikan, masalah PAUD," terang Sutiaji.

Lebih lanjut, Sutiaji juga akan terus memantau perkembangan eksekusi dari masing-masing perangkat daerah terhadap keluhan warga di setiap kegiatan sambang warga.

"Sudah jalan penanganannya (keluhan warga di sambang warga sebelumnya), jadi yang ODGJ itu kami membuat standarisasi oh ada dua orang yang kemarin itu tingkatannya, kecuali (ODGJ sebelumnya) kukunya itu agak parah," terang Sutiaji.

Foto bersama.

Sementara itu, untuk permasalahan lainnya pihaknya juga melakukan inventarisasi untuk dikelompokkan dan dieksekusi langsung di masing-masing perangkat daerah.

Untuk diketahui, dalam setiap selesai kegiatan sambang warga, Sutiaji selalu mengumpulkan masing-masing kepala perangkat daerah untuk memastikan penanganan dan eksekusi terhadap keluhan warga berjalan dengan baik dan lancar.

"Besok saya perintahkan dinkes, puskesmas dengan posyandu, terkait dengan stunting dan juga dengan lansia. Beberapa di Kedungkandang sudah ada laporan terima kasih pak (sudah ditangani)," tandas Sutiaji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru