Malangtimes

Berjam-jam, Ternyata Segini Durasi Masyarakat Indonesia Gunakan Aplikasi Mobile

Jan 20, 2023 12:34
Ilustrasi aplikasi mobile (pixabay)
Ilustrasi aplikasi mobile (pixabay)

JATIMTIMES - Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki aktivitas digital begitu tinggi. Selain dalam hal aktivitas belanja online yang cukup tinggi dilakukan masyarakat, dalam hal pemakaian aplikasi mobile lainnya masyarakat Indonesia juga begitu tinggi.

Bahkan masyarakat menghabiskan waktu untuk akses aplikasi mobile selama berjam-jam setiap harinya.

Berdasarkan laporan datadotai bertajuk State of Mobile 2023, rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia ketika menggunakan aplikasi mobile selama 5,7 jam per hari pada 2022. 

Durasi pada 2022 itu, mengalami peningkatan 5,56 persen dibandingkan dengan durasi pemakaian aplikasi mobile pada tahun sebelumnya yang hanya, 5,4 jam per hari. Terjadi peningkatan pemakaian aplikasi mobile selama 3 jam. 

"Kenaikan tertinggi mencapai 28,21 persen terjadi ketika pandemi Covid-19 melanda tanah air pada 2020," kutip dalam laman dataindonesia.

Hal ini berbanding terbalik dengan kondisi dinegara lain yang justru dalam pemakaian aplikasi mobile mengalami penurunan dibandingkan Indonesia. 

Selain Indonesia, beberapa negara masyarakatnya juga mengunakan aplikasi mobile dengan waktu selama lima jam atau lebih. Ada Brasil, Arab Saudi, Singapura dan Korea Selatan.

"datadotai hanya mengumpulkan data dari para pengguna ponsel berbasis Android. Pengguna sistem operasi lainnya seperti iOS tidak termasuk ke dalam data tersebut," tulis dalam laman dataindonesia.

Pemakaian aplikasi mobile yang memakan waktu berjam-jam ini, juga selaras dengan Indonesia yang menjadi negara kelima dengan jumlah unduhan aplikasi terbanyak di dunia sepanjang 2022. Hal ini juga berdasarkan laporan riset dari datadotai State of Mobile 2023.

Sepanjang tahun 2022, jumlah unduhan aplikasi mobile selama 2022 oleh warga Indonesia sebanyak 7,7 miliar unduhan dengan berbagai macam atau jenis aplikasi, baik game, media sosial dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru