Malangtimes

Jangan Jadi Orang Sombong, Ancaman Allah Begitu Mengerikan 

Jan 20, 2023 09:02
Ilustrasi orang sombong akan mendapatkan azab pedih (Ist)
Ilustrasi orang sombong akan mendapatkan azab pedih (Ist)

JATIMTIMES - Sikap sombong tak dipungkiri banyak ditunjukkan oleh manusia. Baik kesombongan karena harta, karena fisik, merasa paling pintar, merasa paling benar, menafikan Allah yang maha kuasa, lupa jika Allah yang memberikan segalanya. Namun, yang harus diketahui, jika kesombongan itu hukumannya sangatlah mengerikan.

Ancaman atau azab Allah untuk orang-orang sombong tidaklah main-main. Ada banyak sekali ancaman Allah kepada orang-orang yang sombong.

Diolah dari IslamPos, dari sekian banyak ancaman bagi orang-orang sombong, kali ini akan dibahas 2 hal ancaman yang menimpa orang sombong. Allah SWT telah memberikan contoh orang-orang sombong mendapatkan hukuman setimpal.

Pertama adalah, orang sombong hidupnya selalu diliputi oleh kecelakaan dan kehinaan. Dalam Al-Qur'an, pasti umat Islam telah banyak mengetahui sosok Firaun. Ia merupakan mahluk yang dilaknat Allah. Ia ditenggelamkan Allah di Laut Merah.

Menjelang ajalnya, Firaun bertobat dengan mengakui bahwa tiada Tuhan selain Allah, namun Allah segera mengutus malaikat Jibril untuk menyumbat mulut Firaun dengan pasir. Seketika itu ia tak dapat bicara.

Dari Sa’id bin Jubeir dari Ibnu ‘Abbas radhiya’l-lahu ‘anhuma meriwayatkan: "Dua orang Sahabat menghadap Rasulullah (menanyakan tentang Firaun). Sabda Nabi SAW:  "Malaikat Jibril menyumbat mulut Firaun dengan pasir, khawatir kalau-kalau akan mengucapkan: laa ‘ilaha illa’l-lah," (HR. Turmudzi; Ahmad; at-Thabari).

Kedua, ancaman Allah untuk orang sombong adalah mereka dijauhkan dari surga dan dimasukkan ke dalam neraka. Ancaman ini tentunya sangatlah mengerikan. Jangankan masuk ke dalam surga, bahkan untuk sekedar mencium baunya pun tidak.

Hadist riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda, "Tidak masuk surga siapa saja yang di dalam hatinya ada sedikit kesombongan, kemudian seseorang berkata: "(ya Rasulullah) sesungguhnya seseorang itu senang pakaiannya bagus dan sandalnya bagus”, Beliau bersabda: “Sesunguhnya Allah itu Indah dan Dia menyenangi keindahan, (dan yang dimaksud dengan) kesombongan itu adalah menolak kebenaran dan melecehkan orang lain".

Kehinaan orang sombong bukan hanya di dunia saja. Ketika di akhirat, mereka akan mendapatkan ancaman yang setimpal. Tempat kembalinya orang-orang yang sombong dengan kesombongannya adalah neraka.

Hadits riwayat, Tirmidzi dan Ahmad, "Orang-orang yang sombong akan dihimpunkan pada hari kiamat seperti dalam bentuk semut-semut kecil dengan rupa manusia, dari segala tempat datang hinaan kepada mereka, mereka digiring ke penjara neraka jahannam yang disebut Bulas, di bagian atasnya api yang menyala-nyala dan mereka diberi minuman dari kotoran penghuni neraka".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru