Malangtimes

Momentum HUT Baznas ke-22, Sekda Kota Malang Imbau ASN Salurkan ZIS melalui Baznas Kota Malang

Jan 19, 2023 20:51
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso didampingi Ketua Baznas Kota Malang Sulaiman saat ditemui awak media di Masjid Baiturrohman Balai Kota Malang, Kamis (19/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso didampingi Ketua Baznas Kota Malang Sulaiman saat ditemui awak media di Masjid Baiturrohman Balai Kota Malang, Kamis (19/1/2023). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ke-22, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Erik Setyo Santoso mengimbau secara khusus kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk menyalurkan Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) melalui Baznas Kota Malang

Mantan Kepala Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker-PMPTSP) Kota Malang ini menyampaikan, hal itu merupakan upaya untuk saling menguatkan di momentum HUT Baznas ke-22 ini. 

"Kita berharap bahwa semangat untuk berbagi, semangat untuk menyalurkan zakat, karena zakat dan sholat itu kewajiban, sehingga jangan sampai kendor. Semangat berbaginya terus," ungkap Erik kepada JatimTIMES.com, Kamis (19/1/2023). 

Pria yang gemar berolahraga ini menuturkan, bahwa semangat berbagi melalui penyaluran ZIS harus terus dilakukan. Pasalnya, besaran nominal yang disalurkan juga tidak terlalu besar. Terlebih lagi, di setiap harta masing-masing orang terdapat hak dari orang-orang lainnya yang membutuhkan. 

"Dari kewajiban itu ada hak-hak warga yang kekurangan, ada warga yang termarjinalkan, dan disana ada sebagian dari harta yang kita miliki ada haknya mereka yang membutuhkan," jelas Erik. 

Foto bersama.

Lebih lanjut, penyaluran ZIS melalui Baznas Kota Malang tidak terkhusus untuk ASN di lingkungan Pemkot Malang, melainkan juga terbuka bagi masyarakat umum lainnya. 

Menurut Erik, hingga sampai saat ini Baznas Kota Malang merupakan mitra efektif Pemkot Malang dalam penanganan permasalahan masyarakat yang membutuhkan. Maka dari itu, Pemkot Malang berencana melakukan pengembangan kegiatan di sektor-sektor lainnya. 

"Kayak banyak masyarakat yang butuh bantuan cepat. Di mana kadang kala mekanisme anggaran yang dimiliki pemerintah daerah karena ketentuan itu tidak bisa hadir secara cepat. Nah disini Baznas bisa menjadi mitra yang efektif," jelas Erik. 

Pihaknya pun berharap, seluruh potensi zakat yang ada di Kota Malang dapat digali secara maksimal. Selanjutnya terkelola secara profesional dan akuntabel. Sehingga kepercayaan dari ASN maupun masyarakat umum dapat meningkat. 

"Warga masyarakat, ASN, non ASN, dan keseluruhan punya kepercayaan dalam menyalurkan ZIS kepada lembaga Baznas ini," tutur Erik. 

Sementara itu, Ketua Baznas Kota Malang Sulaiman menyampaikan, bahwa untuk meningkatkan kepercayaan ASN maupun masyarakat umum lainnya untuk menyalurkan ZIS melalui Baznas Kota Malang dengan memanfaatkan website maupun media sosial yang ada. 

"Kita sudah lakukan menggunakan teknologi, baik instagram, website, ataupun sosial media yang kita miliki. Kita sampaikan apa yang kita lakukan ditiap bulannya, guna untuk memberikan gambaran bahwa kita terbuka. Siapapun boleh melihat dan boleh menanyakan dalam pengelolaan zakat ini," pungkas Sulaiman. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru