Malangtimes

DLH Revitalisasi Alun-Alun Tugu Kota Malang dengan Anggaran Rp 6,9 Miliar, Berikut Perencanaannya

Jan 19, 2023 16:38
Tampak dinding pagar Alun-Alun Tugu Kota Malang yang pada tahun 2023 ini akan dibongkar dan dilakukan revitalisasi. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Tampak dinding pagar Alun-Alun Tugu Kota Malang yang pada tahun 2023 ini akan dibongkar dan dilakukan revitalisasi. (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Malang akan bersiap melakukan revitalisasi Alun-Alun Tugu Kota Malang pada tahun 2023 ini dengan alokasi anggaran  Rp 6,9 miliar.

"Untuk anggaran (revitalisasi) sekitar Rp 6,9 miliar dan ada Rp 100 juta untuk pengawasan supervisi selama pelaksanaan revitalisasi," ungkap Kepala DLH Kota Malang Noer Rahman Wijaya kepada JatimTIMES.com, Kamis (19/1/2023).

Rahman menjelaskan, revitalisasi tersebut menitikberatkan pada pekerjaan normalisasi saluran, pembangunan bunker panel CTS, pembangunan pagar di sekitar tugu, penambahan dancing water  di sekitar kolam, dan pembongkaran dinding luar Alun-Alun Tugu.

"Dinding luar (Alun-Alun Tugu) akan dihilangkan semua. Pedestrian dua meter akan kami perlebar lima meter ke dalam, dengan diamater tetap," terang Rahman.

Kemudian untuk pagar di sekitar kolam yang berada di tengah Alun-Alun Tugu   akan ditata seperti zaman dulu. Yakni dengan menggunakan plat besi yang memiliki lekukan seperti huruf S. Model seperti akan diterapkan pada pagar tengah Alun-Alun Tugu   dengan bahan besi yang berbeda.

"Lalu konsep revitalisasi ini mengarah ke pembuatan jogging track. Ada fasilitas agar masyarakat duduk-duduk di sana, keramik disabilitas khusus tunanetra hingga pamasangan ballard selebar kursi roda sehingga motor atau sepeda tidak bisa masuk," jelas Rahman.

Selanjutnya, di masing-masing titik pintu masuk akan dibuat relief presiden  dan wakil presiden RI pertama, yakni Soekarno serta Moh. Hatta. "Jadi nanti di pintu masuk akan ada relief Soekarno-Hatta, bukan patung," kata  Rahman.

Pembangunan bunker panel CTS dapat berfungsi untuk ruangan jaringan instalasi perpipaan dan listrik. "Bunker panel CTS itu ruangan menonjol keluar untuk ruang jaringan instalasi perpipaan, listrik. Saya maunya itu nanti bisa terakomodasi dalam ruangan yang agak tertanam, sehingga penataan rapi," jelas Rahman.

Fokus  pada revitalisasi Alun-Alun Tugu Kota Malang sudah masuk dalam detail engineering design (DED) yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang serta telah diterima oleh DLH Kota Malang.

Terlebih lagi, DLH Kota Malang juga turut memberikan masukan dalam program lanskap revitalisasi Alun-Alun Tugu  saat dilakukan review atau pengecekan ulang terhadap DED revitalisasi Alun-Alun Tugu.

"Akhir Januari sudah kami masukkan RUPS sebagai proses awal pengadaan dalam proses tender 2023. Sehingga Maret sudah bisa kami laksanakan setelah ada pemenang tender," ujar Rahman.

Sementara itu, dengan perkembangan rencana revitalisasi Alun-Alun Tugu yang terus menunjukkan kemajuan, DLH  pun menargetkan revitalisasi  selesai  Agustus 2023.

"Kami buat ancang-ancang pelaksanan enan bulan. Sehingga kalau mulai Maret, Agustus sudah selesai," pungkas Rahman.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru