Malangtimes

Jacinda Ardern Mengundurkan Diri dari PM Selandia Baru, Ini Alasannya

Jan 19, 2023 11:37
Jacinda Ardern. (Foto dari internet)
Jacinda Ardern. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Jacinda Ardern mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Selandia Baru pada hari ini, Kamis (19/1/2023).

Pengumuman keputusan yang mengejutkan itu disampaikan Ardern dalam pertemuan kaukus tahunan partai yang digelar hari ini.

"Saya pergi, karena dengan peran istimewa seperti itu datanglah tanggung jawab. Tanggung jawab untuk mengetahui kapan Anda menjadi orang yang tepat untuk memimpin dan kapan tidak lagi," kata Ardern dikutip dari The Guardian, Kamis (19/1/2023).

Lebih lanjut Ardern mengungkap alasannya mengundurkan diri dari jabatan itu. Ia mengatakan sudah tidak memiliki energi yang cukup untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai seorang perdana menteri.

"Saya tahu apa yang dibutuhkan pekerjaan ini. Dan saya tahu bahwa saya tidak lagi memiliki cukup energi untuk melakukannya dengan adil. Sesederhana itu," lanjut dia.

Ia lalu mengatakan saat ini adalah waktu yang tepat untuk dirinya melepas jabatan yang diemban sejak 2017 itu.

"Saya manusia, politisi adalah manusia. Kami memberikan semua yang kami bisa selama kami bisa. Dan kemudian saatnya tiba. Bagi saya, ini sudah saatnya," ujar dia.

Keputusan ini sudah ia pikirkan sejak liburan musim panas lalu. Ia kemudian memutuskan dengan tegas bahwa dirinya sudak tidak mampu memimpin Selandia Baru lagi.

Di akhir jabatannya itu, ia hanya berharap agar dirinya bisa dikenang oleh warga Selandia Baru "sebagai seseorang yang selalu berusaha bersikap baik."

"Saya harap saya meninggalkan warga Selandia Baru dengan keyakinan bahwa kalian bisa menjadi baik namun kuat, berempati namun tegas, optimis namun fokus. Dan bahwa kalian bisa menjadi pemimpin diri Anda sendiri, seseorang yang tahu kapan saatnya untuk pergi," ucapnya.

Sebagai informasi, Ardern merupakan kepala pemerintahan perempuan termuda di dunia usai terpilih sebagai perdana menteri pada 2017. Pada saat itu, usia Ardern masih 37 tahun.

Di era kepemimpinannya memimpin Selandia Baru, ia telah melewati pandemi COVID-19 hingga serangan teror di dua masjid di Christchurch serta erupsi vulkanik di White Island.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru