Malangtimes

Puluhan Kendaraan Diamankan Polisi Saat Patroli Antisipasi Balap Liar di Jalibar

Jan 18, 2023 20:29
Petugas kepolisian saat mendapati beberapa kendaraan sepeda motor yang diduga hendak digunakan untuk balapan liar saat melakukan patroli di Jalibar. (Foto : Istimewa)
Petugas kepolisian saat mendapati beberapa kendaraan sepeda motor yang diduga hendak digunakan untuk balapan liar saat melakukan patroli di Jalibar. (Foto : Istimewa)

JATIMTIMES - Puluhan kendaraan sepeda motor diamankan jajaran kepolisian Polres Malang. Puluhan kendaraan roda dua tersebut terjaring razia saat petugas melaksanakan patroli antisipasi balap liar di Jalur Lingkar Barat (Jalibar), Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

"Menindaklanjuti laporan masyarakat, anggota Samapta Polres Malang melaksanakan patroli antisipasi balap liar di wilayah Jalibar, Kepanjen," kata Kasihumas Polres Malang IPTU Ahmad Taufik saat dikonfirmasi Jatim Times Rabu (18/1/2023).

Pihaknya menambahkan, dalam agenda patroli antisipasi balap liar tersebut, petugas berhasil mengamankan puluhan sepeda motor yang diduga hendak digunakan dalam balapan liar.

"Kalau tidak salah ada puluhan kendaraan (yang diamankan saat patroli)," imbuh Taufik.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Jatim Times, puluhan kendaraan yang terjaring saat patroli tersebut telah di sita petugas. "Untuk lebih jelasnya, terkait hal itu bisa di tanyakan kepada petugas (yang melaksanakan patroli, red)," ujarnya.

Sementara itu, dari pengamatan Jatim Times, personel kepolisian tidak hanya melakukan patroli di akses jalan pada area Jalibar. Namun beberapa rumah warga yang ada di sekitar Jalibar dan akses jalan desa di antara lahan tebu juga tidak luput dari sasaran patroli.

Hasilnya polisi mendapati puluhan kendaraan roda dua yang diduga hendak digunakan untuk balapan liar. Saat ini kendaraan tersebut telah diamankan oleh pihak kepolisian.

Sebagaimana yang telah diberitakan, selain melaksanakan patroli antisipasi balap liar di wilayah Jalibar. Satlantas Polres Malang pada akhir pekan lalu juga telah melaksanakan agenda serupa di wilayah Kecamatan Lawang.

Patroli dalam skala besar tersebut ditujukan dalam rangka antisipasi sekaligus menindaklanjuti laporan masyarakat terkait adanya balapan liar. Saat melaksanakan patroli di Kecamatan Lawang, petugas gabungan dari Satlantas Polres Malang, Polsek Lawang, dan Koramil Lawang juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam rangka mencegah adanya balap liar di lingkungan sekitar.

Saat patroli di Kecamatan Lawang tersebut, petugas mendapati puluhan pemuda yang sedang nongkrong di atas sepeda motor mereka yang terparkir di kawasan Pom Bensin Lawang. Mengetahui kedatangan petugas, para pemuda tersebut langsung kabur meninggalkan kawasan yang dijadikan sasaran patroli.

"Selain di Jalibar, sebelumnya Polres Malang juga melaksanakan patroli antisipasi balap liar di Lawang," ucap Taufik.

Menurutnya, patroli baik dalam skala besar yang melibatkan personel gabungan maupun patroli rutin tersebut, akan terus di lakukan. Tujuannya guna mencegah terjadinya aksi balapan liar yang dapat mengganggu Kamtibmas dan arus lalu lintas.

"Tentunya Polres Malang akan terus mengawasi potensi balap liar yang ada di Kabupaten Malang. Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk terlibat dalam upaya pencegahan balap liar. Dengan begitu diharapkan situasi di wilayah hukum Polres Malang bisa terus aman dan kondusif," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru