Malangtimes

Komitmen sebagai Green Campus, UIN Malang Bersama Stakeholder Tanam 1000 Pohon

Jan 18, 2023 19:16
Kegiatan penanaman 1000 pohon UIN Maliki Malang bersama sejumlah stakeholder (Ist)
Kegiatan penanaman 1000 pohon UIN Maliki Malang bersama sejumlah stakeholder (Ist)

JATIMTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang memperingati Hari Gerakan Sejuta Pohon Internasional 2023. Bersama PT Bentoel Prima dan stakeholder terkait, UIN Malang melakukan konservasi tanah dan air,  Hutan Kampus Ruang Terbuka Hijau (RTH)  Kampus III dengan penanaman pohon, Rabu (18/1/2023).

Rektor UIN Maliki Malang, Prof Dr Zainuddin MA, menjelaskan, bahwa UIN Malang berkomitmen untuk sama-sama berkomitmen melindungi lingkungan kita dengan gerakan menanam pohon, atau gerakan penghijauan. 

Penanaman pohon ini bukan hanya ritual tahunan, tetapi sebagai universitas yang telah memantapkan diri sebagai green campus, UIN Malang telah mewujudkan  komitmen untuk melestarikan lingkungan. 

4

"Kita semua menyadari komitmen ini tidak akan berhasil tanpa tindakan yang nyata dan kepedulian tinggi terhadap penghijauan. Kita juga sudah menetapkan kampus ini sebagai kampus hijau (green campus). Bahkan tidak hanya itu, tetapi juga smart campus," paparnya.

Lebih lanjut dijelaskannnya, pemanasan global dan perubahan iklim telah menjadi ancaman bagi seluruh umat manusia. Menteri Keuangan RI mengingatkan untuk waspada terhadap climate change. 

3

Menurutnya, selain pandemi covid-19 yang lalu, dunia juga digemparkan dengan problem perubahan cuaca yang mengerikan. Perubahan cuaca ini berdampak pada naiknya permukaan air laut, perubahan cuaca ekstrem yang makin sulit diprediksi oleh para imuwan di banyak belahan dunia. 

Oleh sebab itu, dipersiapkan dana APBN yang disiapkan untuk keperluan mitigasi. Sebab, perubahan cuaca ini berdampak besar terhadap kehidupan manusa, bahkan makhluk hidup yang lain. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan mengurangi emisi karbon. Dari enam negara yang menyumbangkan emisi karbon ini adalah Indonesia sebanyak 2 sekian persen. 

2

Selain upaya deradikalisasi dan mendesiminasikan moderasi beragama, menggencarkan kampanye menjaga lingkungan alam dan lingkungan harus dilakukan. Kehadiran kampus diharapkan menjadi agen perubahan yang berperan dalam menciptakan lingkungan yang nyaman, aman, bersih, indah dan dan sehat.

"Deklarasi Talloire tahun 1990, yang diprakarsai oleh Jean Mayer, president Universiti Tufts bersama 22 universitas mendeklarasikan kewajiban perguruan tinggi untuk memelihara lingkungan, How is The Role University Leaders for a Sustainable Future. Hal inilah yang kemudian mendorong perguran tinggi untuk berperan lebih jauh dalam pengembangan blue print Green Campus/University," terangnya.

1

Dan untuk membangun kampus hijau, bukan semata hanya bersifat fisik, melainkan juga yang bersifat non-fisik, yaitu terkait dengan budaya dan pola hidup. Untuk itu, sebagai perguruan tinggi Islam, UIN Malang sudah seharusnya menjadi role model bagi masyarakat dan berkolaborasi dan bersinergi dengan mitra terkait dalam melakukan pembangunan berwawasan lingkungan tersebut. 

Marihot Jimmy Tampubolon Head of Plan dan Logistic Bentoel Group, menyampaikan, Bentoel menjadi salah satu corporate yang peduli terhadap lingkungan, sosial kemasyarakatan. Dan hari ini juga menjadi tonggak sejarah kerjasama dengan UIN Malang akan menanam 1000 pohon.

"Akan disupport oleh Bentoel. Mudah-mudahan kerjasama seperti ini bisa terus kita lanjutkan untuk lingkungan," jelasnya.

1000 pohon tersebut terdiri dari berbagai jenis. Pohon Kelengkeng New Kristal sebanyak 250 bibit pohon, Pohon Nangka Merah sebanyak 250 pohon, Pohon Alpukat 250 pohon dan Pohon Ficus Benjamina sebanyak 250 pohon.
Bibit pohon ini akan ditanam di lahan kampus III UIN Malang.

Plh Wali Kota Batu , Drs Zadim Effisiensi MSi menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas pelaksanaan kegiatan kepedulian terhadap lingkungan ini. Aktivitas untuk menghutankan kembali dan  membuka banyak ruang terbuka hijau menjadi keharusan, bahkan kebutuhan masyarakat. 

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Batu  sangat mendorong seluruh elemen untuk melakukan Gerakan Menanam Pohon dimanapun berada sehingga terbangun lingkungan yang asri dan nyaman. Gerakan Menanam Pohon merupakan bentuk kecintaan dan kepedulian kita terhadap kelestarian alam terutama penyangga kehidupan sebagai sumber ketersediaan air, sumber energi, penghasil  oksigen, dan konservasi keanekaragaman hayati.

"Saya  mengucapkan terima kasih kepada UIN Malang dan seluruh civitas akademika, juga seluruh stakeholder yang berperan serta dalam kegiatan ini. Sinergitas dan kolaborasi ini sangat diperlukan, karena Pemerintah tidak dapat menyukseskan program pembangunan sendiri tanpa elemen yang lain," pungkasnya.

Sementara itu, hadir saat acara Plh Walikota Batu, DPRD Provinsi Jatim, Kepala BBWS Brantas, Ketua DPRD Kota Batu, Kapolres Batu, Komandan Kodim 0818, Dirut PJT, Kepala Perhutani Malang dan sejumlah direksi PT. Bentoel, BAT, serta beberapa pihak lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru