Malangtimes

Polres Malang Gelar Patroli Antisipasi Balap Liar, Puluhan Pemuda Membubarkan Diri

Jan 18, 2023 17:44
Petugas kepolisian Polres Malang saat memberikan imbauan kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam upaya antisipasi aksi balapan liar di Kecamatan Lawang. (Foto: Satlantas Polres Malang)
Petugas kepolisian Polres Malang saat memberikan imbauan kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam upaya antisipasi aksi balapan liar di Kecamatan Lawang. (Foto: Satlantas Polres Malang)

JATIMTIMES - Menindaklanjuti adanya aduan masyarakat serta beredarnya video balapan liar di media sosial (medsos), yang terjadi di Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang. Jajaran kepolisian Polres Malang telah melakukan patroli antisipasi balap liar. Rencananya, agenda patroli tersebut bakal rutin diselenggarakan guna mengantisipasi adanya balapan liar.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kasihumas Polres Malang IPTU Ahmad Taufik saat dikonfirmasi Jatim Times, Rabu (18/1/2023). "Kepolisian Polres Malang akan terus mengawasi balap liar di Kabupaten Malang, termasuk kejadian yang sempat viral di (Kecamatan) Lawang," katanya.

Terpisah, Kasatlantas Polres Malang AKP Agnis Juwita Manurung menjabarkan, telah melakukan patroli antisipasi balap liar di wilayah hukum Polres Malang. Terutama patroli gabungan di Kecamatan Lawang.

Terbaru patroli antisipasi balap liar dalam skala besar bersama personel gabungan tersebut, dilakukan saat akhir pekan lalu. Sebab, aksi balap liar marak terjadi pada Sabtu malam.

"Menanggapi adanya aduan masyarakat di media sosial mengenai maraknya aksi balapan liar di jalan raya lawang terutama saat malam minggu, Satlantas Polres Malang telah melaksanakan giat patroli antisipasi balap liar di seputaran wilayah (Kecamatan) Lawang," kata Agnis kepada Jatim Times, Rabu (18/1/2023).

Dalam agenda patroli antisipasi balap liar tersebut, dijelaskan Agnis, jajaran kepolisian Satlantas Polres Malang juga melibatkan beberapa personel gabungan. Diantaranya dari unsur TNI serta Polsek Lawang.

Patroli yang melibatkan personel gabungan tersebut, menyasar beberapa titik yang marak dijadikan ajang balapan liar. Diantaranya pelaksanaan patroli di kawasan jalan raya sekitar SPBU Patal Lawang.

"Satlantas Polres Malang bersama dengan jajaran Polsek Lawang dan Koramil Lawang telah melaksanakan giat antisipasi balap liar di jalan raya Bedali Lawang," jelasnya.

Meski bakal rutin melaksanakan patroli sebagai upaya antisipasi balap liar, namun Agnis mengimbau kepada masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam mencegah adanya aksi balap liar tersebut.

"Saat melaksanakan patroli, anggota Satlantas juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk ikut serta dan proaktif dalam mencegah adanya balapan liar di sekitar lingkungan mereka," ujarnya.

Sementara itu, dari pantauan Jatim Times saat personel gabungan melaksanakan patroli, puluhan pemuda yang saat itu terlihat sedang nongkrong di kawasan sekitaran Pom Bensin Lawang, seketika semburat membubarkan diri. Mereka panik lantaran ada petugas kepolisian dan mobil patroli yang menertibkan para pemuda yang diduga hendak melakukan aksi balapan liar tersebut.

Selain membubarkan gerombolan pemuda yang diduga hendak melaksanakan balap liar, petugas kepolisian juga sempat memantau arus lalu lintas yang saat itu terlihat ramai lancar.

Sebelum mengakhiri patroli, personel gabungan sempat mengunjungi beberapa pemuda serta warga setempat untuk memberikan imbauan Kamtibmas. Utamanya dalam rangka mencegah adanya aksi balapan liar.

"Sementara ini tidak ada kendaraan maupun pelaku balap liar yang terjaring saat patroli. Situasi aman dan kondusif. Selain patroli skala besar yang melibatkan personel gabungan, patroli rutin juga akan tetap kami laksanakan," tutup Kasatlantas Polres Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru