Malangtimes

Sebelum Viral Cak Nun Sebut Firaun untuk Jokowi, Ternyata Anies Kerap Dituding Firaun oleh Pembencinya 

Jan 18, 2023 17:36
Cuitan-cuitan tudingan yang menyebut Anies Baswedan sebagai Firaun (foto TikTok @rendy_prematur)
Cuitan-cuitan tudingan yang menyebut Anies Baswedan sebagai Firaun (foto TikTok @rendy_prematur)

JATIMTIMES - Sebutan 'Firaun' baru-baru ini viral usai dilontarkan oleh tokoh intelektual Islam, Cak Nun untuk Jokowi. Ternyata, jauh sebelum itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan kerap disebut 'Firaun' oleh para pembencinya. 

Seperti dalam unggahan TikTok akun @rendy_prematur merangkum unggahan akun-akun pembenci Anies yang menyebut calon presiden 2024 dari Partai Nasdem itu Firaun. 

"Sound system terbaik di dunia itu suara rakyat, tidak perlu gunakan uang triliunan. Sementara masih ada mereka yang terlupakan dan terpinggirkan oleh ambisi Firaun yang gemar mengundang orang terpandang di pestanya," cuitan Ketua Umum PSI Giring Ganesha di akun Twitternya @Giring_Ganesha yang diduga menyindir Anies Baswedan, pada 22 Januari 2022. 

"Syukur Alhamdulillah, Jakarta bebas dari politik identitas mulai hari ini, Jakarta bebas dari cengkeraman Firaun yang gagal," sindiran politikus PSI Mohamad Guntur Romli melalui Twitter @GunRomli pada 17 Oktober 2022. 

"Gubernur Firaun tukang ngibul selalu saja membawa petaka bagi warga! Kasihan warga yang jadi korban, semoga lekas sembuh," cuit @yusuf_dumdum 24 Juli 2022

"Kalau kalian bahas Firaun si Gubernur Zolim yang lusa sudah pensiun maka siap2 isi DM lo akan diserang oleh puluhan hinaan, ancaman seperti gue dibawah ini. Buzzer2 piaraan dia banyak banget. Gak usah takut orang2 seperti ini biasanya pemilik Micro Penis," ungkap akun @kurawa pada 14 Oktober 2022. 

Diketahui sebelumnya, Anies Baswedan dikenal sebagai akademisi, aktivis sosial hingga politisi Indonesia. Dia pernah menduduki jabatan-jabatan penting di Indonesia. Diantaranya, Rektor Universitas Paramadina ke-2 pada 2007 hingga 2015, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-27 masa jabatan 2014 hingga 2016, dan Gubernur DKI Jakarta ke-17 masa jabatan 2017-2022. 

Lantas nama Anies Baswedan dicalonkan oleh Partai Nasdem sebagai calin Presiden pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. Dia bahkan diberikan kewenangan untuk menentukan calon wakil presidennya sendiri. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru