Malangtimes

Dua Prodi Unikama Berkolaborasi, Ciptakan Media Pembelajaran Berbasis Game

Jan 18, 2023 14:12
Mahasiswa Unikama menunjukkan game media pembelajaran dalam Expo Fun Learning With Edu Game, Rabu (18/1/2023)
Mahasiswa Unikama menunjukkan game media pembelajaran dalam Expo Fun Learning With Edu Game, Rabu (18/1/2023)

JATIMTIMES - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) terus memunculkan banyak inovasi yang bermanfaat dalam berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Melalui kolaborasi dua prodi, yakni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris dan Prodi Teknik Informatika, tercipta sebuah game yang menjadi media pembelajaran.

Koordinator juga dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Octavia Widiastuti MPd, menjelaskan bahwa kolaborasi yang baru pertama kali ini untuk berinovasi dalam pembuatan sebuah media pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. 

"Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris membuat kontennya atau assest dan mahasiswa Prodi TI mengaplikasikan dalam bentuk aplikasi, teknologinya," jelasnya dalam Expo Fun Learning With Edu Game, Rabu (18/1/2023).

Game edukasi ini nantinya akan diunggah pada toko aplikasi, sehingga bisa di-download oleh masyarakat umum dan bisa dimainkan oleh siapa  saja. Sehingga, tidak terbatas hanya untuk kalangan civitas di Unikama.

2

"Jadi supaya mahasiswa punya produk yang yang bisa bermanfaat. Ini final projects, jadi UAS nya tidak hanya mengerjakan soal di kertas tapi juga menghasilkan produk atau karya digital yang bermanfaat," paparnya.

Ketua Prodi Teknik Informatika, Moh Ahsan SKom MT menambahkan, secara teknis yang mendevelopt konten atau assest aplikasi mahasiswa  TI semester 3 dan semester 5.

"Konsep-konsep edukasinya berasal dari mahasiswa prodi pendidikan Bahasa Inggris," paparnya. 

Kendala dalam pembuatan aplikasi ini, dijelaskan Ahsan adalah terkait waktu yang mepet serta minimnya pendanaan yang ada. Meski begitu, fitur dan materi yang ada pada game tersebut tak serta merta atau asal.

Terdapat materi dasar bahasa Inggris. Mulai dari vocabulary, listening, speaking and reading. Pembuatan desain tampilan atau interface game tentunya dibuat semenarik mungkin. Sehingga, aplikasi game ini bukan hanya sekedar game yang dapat membuat candu, namun juga memberikan kebermanfaatan dan dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi.

1

"Ke depan akan dilanjutkan pada aplikasi-aplikasi yang lain, sehingga tidak hanya pada sektor pendidikan," terangnya.

Kepala Laboratorium Unikama, Amak Yunus EP SKom Mkom menambahkan, beberapa aplikasi yang dibuat yakni Mlijo dengan konsep penjual sayur yang relate dengan kehidupan sehari-hari, kemudian ada game Arkabi yang merupakan game berbasis augmented reality.

Game ini memberikan pemahaman dan menginformasikan kepada anak terkait informasi berbagai jenis tanaman. Sehingga, hal ini akan memberikan tambahan wawasan kepada anak. 

"Kemudian ada game action Aero Space. Game ini berbasis pertempuran di angkasa," ujarnya. 

Harapannya, game yang telah dibuat ini dapat dinikmati oleh semua pihak, dan ke depan diharapkan agar lebih berkembang pada sektor lainnya. 

Sementara itu, Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Dr Teguh Sulistyo MPd menyampaikan apresiasi atas kolaborasi ini. Kolaborasi ini merupakan langkah strategis dalam mendorong mahasiswa untuk lebih berprestasi dan menelurkan sebuah karya.

Hal ini tentunya juga sesuai dengan tuntutan dan tantangan lulusan di abad 21 yang diharuskan memiliki formula 4C yakni critical thinking, creativity, communication dan collaboration. 

"Sebagaimana dalam empat pilar pendidikan yang digagas Unesco. Maka hari ini dengan perasaan bangga saya harapkan kita sampaikan pada asesor lapangan pada waktu akreditasi bahwa mahasiswa kita adalah mahasiswa yang bisa dibanggakan," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru