Malangtimes

Terbanyak Kelima, Indonesia Catatkan 7,7 Miliar Unduhan Aplikasi Selama 2022

Jan 17, 2023 16:30
Ilustrasi aplikasi mobile yang banyak diunduh. (pixabay)
Ilustrasi aplikasi mobile yang banyak diunduh. (pixabay)

JATIMTIMES - Indonesia memang menjadi negara dengan banyaknya aktivitas mengunakan aplikasi mobile. Salah satu indikatornya, Indonesia menjadi negara terbanyak kelima yang mengunduh aplikasi mobile sepanjang 2022. 

Hal ini berdasarkan laporan riset dari datadotai State of Mobile 2023 yang dipublis 'dataindonesia'.

Jumlah unduhan aplikasi mobile selama 2022 oleh warga Indonesia sebanyak 7,7 miliar unduhan. Laporan dari sumber yang sama, Capcute menjadi aplikasi yang paling banyak diunduh meski terbilang aplikasi yang baru. Bahkan, unduhan aplikasi ini mengalahkan TikTok

Dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun sejak diluncurkan, CapCut sudah di-download sebanyak 140 juta kali di seluruh dunia. Sementara itu, negara dengan unduhan terbanyak pertama adalah China.

Selama 2022, terdapat 111,11 miliar unduhan aplikasi yang dilakukan warganya. Jumlah tersebut meningkat 13,93 persen dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 98,39 miliar.

Di posisi kedua, terdapat negara India. India menjadi negara dengan perkembangan teknologi yang tak alah bagus dengan negera lainnya. Aktivis pengunaan aplikasi dinegeri tersebut juga begitu banyak.

Terbukti, unduhan aplikasi di India mencapai total unduhan aplikasi sebanyak 28,89 miliar. "Kemudian 12,24 miliar aplikasi diunduh oleh masyarakat di Amerika Serikat," kutip dalam laman dataindonesia.

Posisi selanjutnya adalah Brazil. Negeri Samba itu berhasil mencatatkan unduhan aplikasi terbanyak pada posisi keempat. Unduhan aplikasi mobile di Brazil mencapai 10,61 miliar.

Kemudian, setelah Indonesia pada posisi kelima sebagai negara dengan unduhan aplikasi terbanyak, posisi keenam ditempati  Rusia. Sepanjang 2022, negara yang kini tengah berkonflik dengan Ukraina itu mencatatkan unduhan aplikasi mobile sebanyak 5,48 miliar.

"Jumlah unduhan aplikasi di Meksiko (posisi ketujuh)sebanyak 5,08 miliar dan Turki (posisi kedelapan) sebanyak 3,73 miliar (unduhan aplikasi mobile),"info dalam laman dataindonesia.

Sementara itu, secara global, unduhan aplikasi mobile dari laporan datadotai bertajuk State of Mobile 2023, ini mengalami kenaikan jumlah unduhan mencapai 11 persen pada tahun 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru