Malangtimes

Hati-hati! Inilah Modus Penipuan Baru di Mesin ATM yang Perlu Kamu Tahu

Jan 16, 2023 08:06
Momen seorang wanita terkena modus penipuan ATM. (Foto dari @kepoin_trending)
Momen seorang wanita terkena modus penipuan ATM. (Foto dari @kepoin_trending)

JATIMTIMES - Viral seorang wanita mengalami penipuan di mesin ATM saat hendak melakukan penarikan uang. Peristiwa itu terjadi di mesin ATM Rawa Mulya, Bekasi Timur. 

Dalam video itu, wanita perekam video menceritakan pengalamannya terkena modus oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Cerita diawali dengan imbauan kepada masyarakat agar berhati-hati saat hendak melakukan transaksi di ATM. Cerita dilanjut dengan wanita perekam video mengungkap modus tersebut terjadi di ATM Bank Mandiri dan Bank BTN.

Dalam video itu, aksi modus tersebut berupa penulisan uang habis pada mesin ATM BNI. Hal itu dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab itu agar customer melakukan transaksi ke Bank ATM BTN.

Setelah customer melakukan transaksi pada ATM BTN, kartu customer seakan-akan tertelan serta uang yang ditarik tidak keluar.

Video viral

Sementara, pada mobile banking tabungan atau saldo ATM sudah terpotong. Oknum tidak bertanggung jawab itu kemudian memasang sebuah nomor yang disetting layaknya customer service Bank BTN. Saat dihubungi, nomer tersebut menjawab bahwa uang tersebut akan kembali dalam waktu 1×24jam.

Kejadian tersebut rupanya bukan kali pertama terjadi, pada saat kejadian wanita perekam video mengungkap bahwa dirinya bertemu dengan seorang bapak-bapak yang pernah mengalami kejadian serupa.

Bapak-bapak tersebut kemudian mengarahkan agara wanita tersebut mengambil kartu ATM nya di belakang mesin ATM yang rupanya bisa ditarik. 

Lalu, bapak-bapak tersebut menurut cerita perekam video melakukan transaksi pada mesin ATM Bank BNI yang bertuliskan uang habis tadi. Namun meski tertulis uang habis, bapak-bapak tersebut bisa melakukan transaksi berupa penarikan uang.

Usai bapak-bapak tersebut melakukan transaksi, wanita perekam video baru menyadari bahwa dirinya sudah terjebak dalam permainan oknum tidak bertanggung jawab. 

Ia kemudian meminta agar masyarakat yang menonton videonya itu lebih berhati-hati lagi saat melakukan transaksi di ATM.

Video itu pertama kali diunggah oleh @talkactive kemudian diunggah kembali oleh @kepoin_trending. Video edukasi itu lalu mendapat perhatian dari warganet. Hal itu terlihat dari banyaknya komentar pada unggahan itu. Komentar beragampun dituliskan pada warganet.

"Makanya aku kalo ambil uang gak pakai kartu. Kartunya udah lama aku buang. Aku kalau ngambil duit di ATM pake Cardless. Aman," tulis @mrs_elizatjwan.

"Baru tahu kalau di ATM bisa dibuka kek gitu atasnya...," tulis @kartika_delicia

"Skrg banyak banget orang masih pake kartu.. Gunakan fitur cardless menarik uang tanpa kartu ATM..Dn jg pake mesin atm yg sprt itu mending gunakan atm yg bs setor tunai..," tulis @kibojr22.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru