Malangtimes

PSSI Usulkan 1 Oktober Jadi Hari Libur Sepak Bola, Sebagai Penghormatan terhadap Korban Tragedi Kanjuruhan

Jan 15, 2023 21:58
Kenangan Tragedi Kanjuruhan
Kenangan Tragedi Kanjuruhan

JATIMTIMES - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengusulkan bahwa 1 Oktober menjadi hari libur bagi sepak bola di Indonesia. 

Dimana tanggal tersebut dunia sepak bola tanah air menemukan titik kelamnya. Yakni terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan Tragedi Kanjuruhan yang banyak memakan korban jiwa. 

Keputusan menjadikan 1 Oktober sebagai hari libur sepak bola Indonesia didasari untuk menghormati korban Tragedi Kanjuruhan. 

Irawan menuturkan, tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan serta menewaskan 135 orang dan melukai ratusan korban lainnya menimbulkan luka bahkan trauma mendalam bagi dirinya dan PSSI. 

"Sebagai respons dan keseriusan PSSI menanggapi Tragedi Kanjuruhan untuk mengajak semua pihak agar setiap tanggal 1 Oktober menjadi hari libur sepak bola Indonesia. Mudah-mudahan semua yang hadir di sini menyepakatinya," ujar Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam pidatonya di Kongres Biasa PSSI 2023 di Jakarta, Minggu (15/1/2023).

Irawan dan PSSI berharap jika tanggal 1 Oktober dapat disahkan menjadi hari libur sepak bola Indonesia. Hari tersebut dapat dijadikan mementum terbaik untuk menjadi pengingat kejadian kelam tersebut agar tidak terulang kembali.

"Kita harus membuat sepak bola menjadi olahraga pemersatu yang menyenangkan, bukan mengerikan dan menakutkan," tutup Iriawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru